Manfaat USG dan Persiapan Pemeriksaan di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Semua pasangan suami istri tentunya merasa sangat bahagia ketika istri telah dinyatakan positif hamil. Tidak heran jika berbagai persiapan mulai dilakukan demi menjaga kesehatan ibu dan calon bayinya. Salah satu hal terpenting yaitu dengan memeriksakan kandungan di klinik USG. Ibu hamil tentu penasaran dengan perkembangan janin dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga bulan ke bulan. Untuk mengetahui tumbuh kembang janin di dalam rahim, maka pemeriksaan USG perlu dilakukan.

Saat ini pemeriksaan USG yang tersedia di klinik USG sudah semakin canggih. Dimana perkembangan tekhnolgi dalam USG yang semakin canggih telah menghadirkan USG 3D dan 4D. Tentunya setiap jenis USG memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan sendiri bertujuan untuk memastikan kondisi kehamilan. Jenis USG yang perlu dipilih akan disesuaikan dengan usia kehamilan dan tujuan pemeriksaan.

Tujuan dan Manfaat USG

USG merupakan sebuah teknik pengambilan gambar pada anggota tubuh dengan memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi. USG biasa digunakan untuk membantu mengidentifikasi suatu penyakit untuk diagnosis yang tepat. USG sendiri sangat erat kaitannya dengan kondisi kehamilan. Dimana pemeriksaan USG pada ibu hamil dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin selama kehamilan. Berikut ini manfaat dan tujuan USG yang perlu diketahui, seperti:

1.     Memastikan Kehamilan

Penting untuk segera memeriksakan kandungan melalui USG begitu diketahui jika anda positif hamil. Selain memastikan kehamilan, ini  perlu dilakukan sebagai pemeriksaan berkala demi memastikan bayi di kandungan dalam keadaan sehat.

2.     Mengetahui Usia Kandungan

USG juga diperlukan untuk mengetahui berapa usia kandungan. USG juga bertujuan untuk menghitung hari perkiraan lahir atau HPL. Sehingga anda dapat melakukan persiapan persalinan dengan baik.

3.     Memantau Perkembangan Janin

Melalui USG yang dilakukan di klinik USG, anda bisa memantau perkembangan janin serta memonitor denyut jantung janin dalam kandungan. Pemeriksaan ini juga membantu dokter kandungan untuk mendeteksi adanya kelainan pada kehamilan maupun calon bayi.

4.     Pemeriksaan Kantong Kehamilan

Pemeriksaan USG juga bisa mengetahui blighted ovum atau kehamilan kosong. Kondisi ini umumnya terjadi ketika pembuahan menghasilkan kantong kehamilan. akan tetapi tidak terdapat embrio di dalam kantong kehamilannya.

Baca Juga: Ibu Hamil Perlu Cek Lab Kehamilan untuk Jaga Kehamilan Sehat

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Pemeriksaan USG?

Sebelum anda melakukan pemeriksaan USG, untuk hasil yang lebih akurat ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut ini persiapan yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan USG.

1.     Memilih Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk melakukan usg akan membantu anda memperoleh hasil yang lebih akurat. Ketika usia kehamilan telah memasuki 6-7 minggu, maka denyut jantung bayi dalam kandungan sudah mulai terdengar. Sedangkan untuk mengetahui jenis kelamin bayi, dapat dilakukan USG pada usia kehamilan 18 minggu. Dan pemeriksaan USG 3D bisa dilakukan ketika kandungan berumur 27-28 minggu.

2.     Minum Cukup Air Putih

Pastikan untuk minum 8 gelas air putih sejak pagi hari sebelum anda melakukan pemeriksaan di klinik USG. Ini juga akan membantu untuk membersihkan air ketuban, sehingga hasil USG bisa terlihat dengan lebih jelas. Jika anda ingin membangunkan janin yang ada dalam kandungan dan membuatnya aktif bergerak ketika pemeriksaan USG. Maka, anda bisa minum yang manis atau mengonsumsi sesuatu yang manis ketika menuju klinik USG.

3.     Kenakan Pakaian yang Nyaman

Ketika melakukan pemeriksaan USG, sebaiknya anda memilih pakaian yang nyaman dan mudah dibuka. Anda bisa mengenakan blouse longgar atau dress dengan bicycle pants.

4.     Siapkan Pertanyaan

Ada banyak pertanyaan yang bisa didiskusikan dengan dokter spesialis kandungan ketika anda melakukan pemeriksaan di klinik USG. Tidak hanya mengetahui jenis kelamin, USG juga dapat mengetahui beberapa kondisi janin seperti posisi, perkembangan, ataupun kelainan yang mungkin terjadi.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.