Ibu Hamil Perlu Cek Lab Kehamilan untuk Jaga Kehamilan Sehat

IBU WOMEN CLINIC – Setiap ibu hamil tentu menginginkan kehamilannya selalu dalam kondisi yang sehat tanpa adanya kendala hingga persalinan. Berbagai upaya tentu dilakukan agar ibu hamil dan bayi dalam kandungan tetap dalam kondisi sehat hingga proses persalinan yang berjalan lancar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan melakukan tes pada lab kehamilan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan tes darah pada saat hamil, untuk mengetahui kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Melakukan tes darah pada lab kehamilan pada saat hamil bertujuan untuk memantau kondisi tubuh calon ibu secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan ini, kondisi janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil juga bisa diprediksi dengan baik. Secara garis besar, manfaat yang didapatkan dengan melakukan pengecekan darah di lab kehamilan yaitu untuk mengetahui kondisi ibu saat sedang mengandung. Melalui pemeriksaan ini, maka bisa dideteksi secara dini masalah yang terjadi selama kehamilan, sehingga bisa ditangani sebelum masalah tersebut terlanjur parah.

Melakukan cek lab kehamilan dengan tes darah pada saat hamil juga dapat memperkirakan segala kemungkinan risiko yang bisa mengancam kesehatan bayi dalam kandungan. Beberapa tes darah pada lab kehamilan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil diantaranya:

  • Tes Darah Lengkap

Tes darah ini merupakan jenis pemeriksaan darah yang meliputi sel darah merah (eritrosit), hemoglobin (Hb), sel darah putih (leukosit), keping darah (trombosit), beserta komponen pendukungnya. Pemeriksaan darah lengkap ini dilakukan untuk mendeteksi dugaan anemia yang seringkali terjadi pada ibu hamil akibat kurang darah. Selain itu, ini juga bertujuan untuk mengetahui fungsi ginjal, gangguan proses pembekuan darah, liver, atau tanda infeksi yang mungkin terjadi.

  • Tes Golongan Darah Rhesus

Rhesus merupakan pembagian jenis golongan darah yang ditandai dengan rhesus positif (Rh+) atau rhesus negatif (Rh-). Seorang anak yang lahir dari ayah dan ibu yang memiliki perbedaan golongan darah rhesus bisa memiliki masalah pada masa kehamilan.

  • Gula Darah

Cek gula darah perlu untuk mendeteksi diabetes gestasional saat hamil. Deteksi dini dapat memperkecil risiko obesitas, hipoglikemia (gula darah rendah), keguguran, hingga penyakit diabetes pada janin di kemudian hari.

  • Skrining Infeksi

Pemeriksaan ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini agar infeksi yang mungkin terjadi dapat diantisipasi. Sehingga, tidak menimbulkan dampak yang dapat merugikan pada janin.

Baca Juga: Dokter Spesialis Kandungan Bantu Atasi Masalah yang Sering Terjadi Pada Masa Kehamilan

Ibu hamil perlu mengetahui apa saja tanda dan gejala kehamilan normal, serta gejala yang perlu diwaspadai. Berikut gejala dan tanda kehamilan normal yang umum terjadi:

  • Perdarahan ringan melalui vagina

Ibu hamil bisa saja mengalami bercak darah dari vagina, dan hal ini tidak selalu identik dengan keguguran. Perdarahan ringan yang normal biasanya berlangsung selama 1–2  hari atau beberapa jam saja. Namun, ibu hamil perlu mewaspadai ketika perdarahan yang terjadi tidak kunjung berhenti.

  • Perubahan pada payudara

Salah satu tanda kehamilan normal yang biasa dirasakan oleh hampir setiap ibu hamil yaitu payudara yang menjadi lebih kencang dan padat. Serta terkadang payudara terasa nyeri pada saat disentuh. Hal ini terjadi karena payudara mulai memproduksi ASI.

  • Pergerakan janin

Kondisi kehamilan yang normal dan sehat, biasanya ditandai dengan pergerakan janin yang mulai terasa. Apalagi ketika usia kehamilan telah memasuki trrimester kedua atau tepatnya di usia kehamilan16–25 minggu.

  • Berat badan naik secara bertahap

Salah satu tanda kehamilan normal yang penting pada ibu hamil adalah berat badan yang naik secara bertahap. Selama masa kehamilan, pertambahan berat badan yang normal bisa mencapai 12–15 kg. Sedangkan kenaikan berat badan yang direkomendasikan pada ibu hamil kembar berkisar antara 15–20 kg.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.