Pemeriksaan USG 3D dan 4D di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Kehamilan tentu menjadi momen membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Setiap orangtua pasti ingin mengetahui bagaimana kondisi perkembangan janin di dalam kandungan. Apalagi kondisi fisik dan jenis kelamin janin yang ada dalam kandungan ibu hamil. Untuk mengetahui hal tersebut, maka ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan di klinik USG. Dengan melakukan USG, maka anda dan pasangan bisa mengetahui bagaimana kondisi perkembangan janin.

Pemeriksaan USG kandungan merupakan pemeriksaan rutin yang perlu dilakukan selama masa kehamilan. USG dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana kondisi janin, rahim, air ketuban, plasenta, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kondisi kehamilan. pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara yang dipancarkan oleh sebuah alat yang ditempelkan pada permukaan perut ibu hamil. Dimana kemudian gelombang suara tersebut akan membentur organ-organ dalam dan dipantulkan kembali. Sehingga kemudian bisa ditangkap oleh alat USG yang diubah menjadi sebuah gambar. Pemeriksaan USG sendiri bisa meliputi USG 3 dimensi ataupun USG 4 dimensi.

Pemeriksaan USG 3 dimensi atau 3D serta USG 4D sebenarnya memiliki prinsip yang sama. Dimana sama-sama menggunakan gelombang suara guna mendapatkan gambaran kondisi janin dalam kandungan. Pemeriksaan USG 3D menghasilkan gambar 3 dimensi yang membantu melihat kondisi janin sesuai dengan bentuk tubuh aslinya. Selain bisa melihat penampakan organ internal, ibu hamil juga dapat melihat setiap detail janin. Seperti lekukan kepala, wajah, tubuh, tangan dan kaki, hingga jari-jarinya.

Dalam pemeriksaan USG 3D dan 4D, umumnya menghasilkan gambar yang sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada waktu pengamatannya. Dimana pada USG 4D menampilkan kondisi janin yang bisa dilihat pada layar sesuai dengan apa yang sedang terjadi dalam rahim Anda. Pada USG 4D, anda tidak melihat gambar seperti pada USG 3D, tetapi hasil pemeriksaannya lebih menyerupai video yang sangat rinci. Sehingga, dengan USG 4D ini maka memungkinkan dokter untuk mendeteksi kelainan fisik seperti misalnya bibir sumbing.

Baca Juga: Serangkaian Tes Lab Kehamilan di Trimester Pertama

Baik itu USG 3D dan 4D sebenarnya sama-sama aman bagi janin. Namun, ketika melakukan USG, janin dalam kandungan juga terpapar gelombang suara dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, sebaiknya pemeriksaan USG tidak perlu terlalu sering untuk dilakukan. Terkecuali bila ada risiko atau kondisi medis tertentu yang mengharuskan anda lebih rutin melakukan pemeriksaan USG. Baik USG 3D serta 4D dapat memberikan hasil yang lebih detail dan realistis. Sehingga lebih sesuai untuk mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Dalam masa kehamilan, tes USG memang menjadi prosedur pemeriksaan medis yang umum dilakukan oleh ibu hamil. Karena USG bermanfaat untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin, serta mendeteksi kemungkinan komplikasi yang terjadi selama masa kehamilan. Secara singkat, kondisi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan bisa diketahui melalui prosedur ini. Idealnya, USG kehamilan dilakukan sebanyak 3 kali selama masa kehamilan. dimana untuk kondisi kehamilan normal, pemeriksaan USG ini memang tidak perlu terlalu sering dilakukan. Ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan USG di usia kehamilan 10, 20, dan 30 minggu.

Melakukan tes USG pada trimester pertama bertujuan untuk mengevaluasi keberadaan, ukuran, jumlah, dan lokasi kehamilan. Kemudian USG pada trimester kedua bertujuan untuk mengevaluasi beberapa kondisi kehamilan, termasuk anatomi janin (minggu ke-18 atau 20). Namun, perlu untuk diketahui jika waktu pemeriksaan tersebut bisa berubah karena alasan tertentu. Misalnya obesitas yang dialami oleh ibu hamil sehingga dapat membatasi visualisasi janin. Sementara itu, pada trimester ketiga, dokter kandungan akan mengevaluasi pertumbuhan janin, hingga perkiraan volume cairan ketuban.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.