Serangkaian Tes Lab Kehamilan di Trimester Pertama

IBU WOMEN CLINIC – Kehamilan menjadi momen yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Tidak jarang, selama masa kehamilan pasangan suami istri mempersiapkan segala hal yang terbaik. Ketika anda mengetahui bahwa diri anda tengah mengandung, tentu anda perlu segera melakukan pemeriksaan. Pada awal kehamilan, anda perlu melakukan beberapa tes di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk memeriksa kesehatan janin yang dapat menyebabkan gangguan selama kehamilan.

Pada masa kehamilan, biasanya tubuh calon ibu mengalami banyak perubahan. Pemeriksaan melalui lab kehamilan, akan membantu dokter memantau kesehatan ibu dan janin di kandungan selama kehamilan. Sebagai bagian pemeriksaan kehamilan, calon ibu perlu melakukan beberapa tes laboratorium selama kehamilan, yang meliputi:

Pengecekan Golongan Darah

Pengambilan sampel darah dari ibu hamil sangat perlu dilakukan di awal trimester kehamilan. hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah calon ibu mengalami suatu kondisi penyakit tertentu. Seperti misalnya kurang darah atau anemia dan melakukan deteksi dini adanya risiko kelainan pada janin. Biasanya ibu hamil akan melakukan tes lab kehamilan ini pada saat pertama kali berkunjung ke dokter kandungan untuk memeriksa golongan darah maupun tekanan darah. Cek golongan darah sangatlah penting, terutama jika sewaktu-waktu membutuhkan transfusi darah selama kehamilan atau kelahiran.

Pengecekan Diabetes Gestasional

Ibu hamil yang obesitas dan memiliki riwayat keluarga menderita diabetes, kemungkinan besar berisiko tinggi untuk mengalami diabetes gestasional. Ini adalah suatu kondisi peningkatan gula darah yang tinggi pada ibu hamil. Sangat penting melakukan tes lab kehamilan untuk melihat kadar gula darah ibu hamil pada usia kehamilan 24 dan 28 minggu. Namun, jika anda berisiko tinggi memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya tes kadar gula darah dilakukan pada awal kehamilan.

Pengecekan Faktor Rhesus (RhD)

Ibu hamil juga perlu untuk melakukan pengecekan faktor Rhesus (RhD) di awal trimester kehamilan. Pemeriksaan rhesus (RhD) ini sangatlah penting, terutama pada saat ibu hamil membutuhkan transfusi darah selama hamil atau melahirkan. Penyakit Rhesus yang mungkin terjadi selama kehamilan, yaitu ketika adanya ketidakcocokan antara jenis darah ibu dan bayi yang ada dalam kandungan.

Baca Juga: Periksa Dokter Spesialis Kandungan Tidak Hanya Saat Kehamilan

Apabila ibu hamil memiliki kondisi bayi yang positif Rhesus, maka respons imun bayi tersebut akan lebih besar. Dimana kemudian janin dalam kandungan menghasilkan lebih banyak antibodi. Yang mana selanjutnya antibodi tersebut dapat melintasi plasenta dan menghancurkan sel-sel darah bayi. Kondisi ini mengarah pada suatu kondisi yang disebut dengan penyakit Rhesus atau penyakit hemolitik. Jika kondisi penyakit tersebut tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan bayi lahir mati atau terjadinya kerusakan otak pada janin.

Pengecekan Infeksi

Melakukan cek lab kehamilan memang sangat penting untuk dilakukan di trimester pertama. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya infeksi yang mana bisa berpengaruh terhadap kondisi kehamilan dan janin. Pada umumnya pengecekan infeksi yang dilakukan yaitu rubella (campak Jerman), sipilis, hepatitis B, hepatitis C dan HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Pengecekan Kadar Hemoglobin

Tidak sedikit kasus ibu hamil yang mengalami anemia pada awal kehamilannya. Kondisi ini bisa disebabkan karena meningkatnya volume darah yang terjadi selama kehamilan. Maka dari itu, ibu hamil perlu untuk melakukan cek lab kehamilan. Tujuannya yaitu mengetahui apakah kadar hemoglobin dalam sel darah merah termasuk dalam kategori normal atau terlalu sedikit.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.