Ibu Hamil Perlu Lakukan USG 4D di Trimester Ketiga

IBU WOMEN CLINIC – Kelahiran bayi tentu menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para calon orangtua. Ketika kehamilan telah memasuki trimester ketiga, setiap orangtua tentu berharap agar proses persakinan bisa berjalan lancar dan melihat bayinya lahir dengan selamat dan sehat. Pada trimester ini tentu para ibu hamil penasaran dengan jenis kelamin hingga wajah bayi dalam kandungan. Tidak jarang ibu hamil melakukan pemeriksaan USG 4D sebagai kesempatan melihat kondisi bayi dengan lebih jelas.

Berbeda dengan jenis USG lainnya, USG 4D membantu anda melihat calon bayi secara lebih jelas. Melalui pemeriksaan USG 4D ini wajah bayi dalam kandungan juga akan terlihat dengan lebih jelas. Periksaan ultrasonografi atau USG, dalam hal ini USG 4D, merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk melihat kondisi janin, dengan tampilan yang lebih detail. USG 4D ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bergerak dari dalam rahim anda. Pada USG 4D ini, tampilan gambarnya mirip seperti ketika anda sedang menonton video.

Dengan menggunakan teknologi USG 4D, ibu hamil dapat melihat secara detail apa saja yang sedang dilakukan oleh si Kecil saat ini. Bahkan anda juga bisa melihat momen langka di mana si Kecil sedang menguap atau tersenyum. Biasanya dokter spesialis kanduangn menggunakan USG 4D untuk melihat lebih detail kondisi janin untuk mempersiapkan persalinan. Seperti untuk melihat banyaknya cairan ketuban, dan melihat ada tidaknya cacat lahir. Jadi, jika dicurigai ada masalah pada proses tumbuh kembang janin, maka bisa dilihat dengan lebih detail dan spesifik.

Perlu untuk diketahui bahwa USG 4D tidak termasuk dalam pemeriksaan kehamilan rutin. Namun, pemeriksaan USG 4D ini bisa dilakukan pada trimester ketiga atau ketika dokter kandungan merasa janin memerlukan pemeriksaan mendetail. Cara kerja peralatan untuk pemeriksaan USG 4D ini hampir sama dengan USG 3D. Hanya saja, USG 4D menggunakan teknologi yang lebih canggih. Untuk pemeriksaan kehamilan rutin ibu hamil bisa melakukan USG 3D, dan untuk pemeriksaan yang lebih mendetail bisa memilih USG 4D.

Baca Juga: Waktu Ideal Periksa Kehamilan di Klinik USG

Sebaiknya, pemeriksaan USG 4D dilakukan ketika memang diperlukan atau pada trimester akhir. Melalui USG 4D, tubuh janin bisa terlihat secara keseluruhan termasuk bagian tubuh janin seperti mulut dan hidung. Pemeriksaan USG 4D ini juga menawarkan anda lebih banyak detail yang bisa untuk dilihat dari berbagai sudut. Sehingga, dapat membantu dalam mendiagnosis kondisi janin dalam kandungan seperti misalnya bibir sumbing. Selain itu, pemeriksaan USG 4D ini juga bisa dilakukan untuk memeriksa jantung dan organ internal lainnya. Oleh sebab itu, dokter kandungan bisa menggunakan pemeriksaan USG 4D ini untuk keperluan medis ketika diperlukan.

Dengan pemeriksaan USG 4D, maka bisa dipastikan berapa usia kehamilan dan perkiraan tanggal hari perkiraan lahir atau HPL. Selanjutnya, jumlah cairan ketuban, posisi janin dan aliran darah melalui plasenta yang diperhatikan secara detail oleh dokter spesialis kandungan. Pemeriksaan USG 4D sebaiknya dilakukan ketika usia kehamilan telah memasuki usia antara 26 hingga 30 minggu. Dengan waktu yang tepat, tentu pemeriksaan USG 4D bisa memberikan hasil yang lebih optimal.

Selalu periksakan kehamilan anda dengan rutin untuk menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Pemeriksaan kehamilan secara rutin, membantu anda mempersiapkan persalinan dengan lebih lancar.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.