Periksa Dokter Spesialis Kandungan Tidak Hanya Saat Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dilakukan pada saat hamil saja. Padahal, pemeriksaan di dokter spesialis kandungan tidak hanya untuk memeriksakan kondisi kehamilan. Anda yang tidak sedang hamil juga bisa melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi wanita. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi wanita, maka anda dapat mencegah risiko penyakit berbahaya seperti kanker serviks.

Setiap perempuan tentu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi melalui layanan ginekologi di dokter spesialis kandungan. Seperti yang diketahui, bahwa kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit berbahaya yang menyerang perempuan. Anda perlu untuk periksa ke dokter spesialis kandungan dalam rangka menjaga kesehatan reproduksi dan seksual yang baik. Dimana pemeriksaan ini bisa dilakukan setidaknya setahun sekali meski anda sedang tidak hamil. Terutama ketika ada beberapa tanda-tanda ataupun masalah yang dialami seputar kesehatan reproduksi.

Melakukan pemeriksaan kesehatan terkait dengan kesehatan reproduksi, akan membantu anda menjaga kesehatan reproduksi. Anda juga dapat mengetahui lebih awal adanya tanda dan gejala suatu penyakit yang mungkin muncul. Dengan mengetahui gejala dan tanda yang muncul sejak dini, tentu pengobatannya akan lebih efektif. Terutama untuk kasus kanker serviks dan kanker payudara yang paling banyak menyerang kaum perempuan.

Kanker serviks dan kanker payudara merupakan kondisi penyakit yang bisa mengancam jiwa. Dimana kondisi penyakit ini bisa dideteksi melalui screening sejak tahap awal yang lebih efektif. Melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin, dapat mencegah timbulnya risiko penyakit kanker. Karena anda bisa mengetahui lebih dini ada tidaknya risiko penyakit tersebut.

Kanker serviks sendiri merupakan kanker yang menyerang serviks atau leher rahim yang merupakan bagian dari organ reproduksi wanita. Penyebab yang paling umum munculnya kanker serviks yaitu akibat infeksi human papillomavirus atau HPV risiko tinggi secara terus menerus. Faktor risiko munculnya kanker serviks selanjutnya yaitu berhubungan seksual pertama kali di usia dini, sering berganti pasangan, merokok, dan memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Perkembangan infeksi HPV membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 20 hingga menyebabkan kanker serviks. Selama periode tersebut, perubahan abnormal di dalam sel-sel tubuh bisa dideteksi melalui screening.

Baca Juga: Keunggulan dan Kelebihan USG 4D Daripada USG Lainnya

Selain kanker serviks, perempuan juga rentan terhadap risiko penyakit kanker payudara. Faktor risiko munculnya penyakit ini di antaranya yaitu riwayat keluarga yang mengalami kanker payudara. Kemudian terlambat menopause, nuliparitas atau belum pernah melahirkan untuk perempuan, merokok, dan konsumsi alkohol. Screening untuk kanker payudara biasanya dimulai pada usia 40 tahun dan paling lambat pada 50 tahun.

Untuk mengetahui risiko kanker payudara biasanya digunakan metode pemeriksaan dengan mamografi. Ini adalah pemeriksaan yang menggunakan teknologi sinar-X untuk mengevaluasi kondisi payudara. Pemeriksaan mamografi perlu untuk diulang setiap 1 hingga 2 tahun. Sebaiknya sejak usia 20 tahun, anda perlu untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin. Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan memeriksa ada tidaknya benjolan 3 hari atau 5 hari setelah menstruasi.

Setiap perempuan harus lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan reproduksi serta mewaspadai risiko kanker payudara dan kanker serviks. Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan  pada dokter spesialis kandungan. Dengan pemeriksaan rutin dengan layanan ginekologi yang memberikan pemeriksaan menyeluruh untuk masalah ginekologi, seperti:

  • Pemeriksaan berkala organ reproduksi dengan ultrasonografi 3D/4D
  • Pemeriksaan sitologi dan tumor marker sebagai metode penapisan keganasan
  • Pelayanan vaksinasi serviks
  • Pelayanan masalah perimenopause dan menopause
  • Pap smear

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.