Persiapkan Kehamilan dengan Periksa Lab Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Setiap pasangan suami istri tentu sangat menantikan masa kehamilan. Salah satu cara untuk memperoleh kehamilan yang nyaman dan menyenangkan yaitu melalui program hamil. Sebelum anda merencanakan program hamil atau promil, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada lab kehamilan. Melakukan pemeriksaan di lab kehamilan dengan dokter spesialis kandungan membantu anda untuk mendapatkan program hamil yang tepat. Selain itu, pemeriksaan ini juga berfungsi untuk mengetahui adanya masalah kesehatan yang mungkin berisiko bagi ibu hamil dan bayinya.

Program hamil perlu untuk dipersiapkan dengan baik untuk hasil yang optimal. Sehingga pemeriksaan lab kehamilan sangatlah diperlukan. Beberapa tes kesehatan yang umumnya dilakukan oleh wanita sebelum menjalani promil diantaranya yaitu:

1. Tes darah untuk mengetahui penyakit genetik

Tes darah menjadi salah satu tes kesehatan yang perlu dilakukan oleh calon ibu sebelum melaksanakan program hamil. Tes darah yang direkomendasikan oleh dokter spesialis kandungan biasanya untuk mendeteksi kelainan genetik. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kelainan genetik pada kehamilan.

2. Cek gula darah

Cek gula darah juga menjadi salah satu tes kesehatan yang perlu dilakukan sebelum menjalani program hamil. Ini harus dilakukan oleh calon ibu dengan kondisi diabetes atau pradiabetes. Kondisi diabetes yang tidak terkontrol sangat berisiko pada kondisi bayi yang lahir dengan gula darah rendah, bayi lahir mati, atau kelahiran dengan operasi caesar. Oleh karena itu, melakukan pengecekan kadar gula darah perlu dilakukan terlebih dulu sebelum memulai program hamil.

3. Tes fungsi tiroid

Tes fungsi tiroid ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya  hipertiroidisme. Yakni suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki hormon tiroid yang cukup untuk janin bisa tumbuh dengan normal. Kondisi tersebut bisa membahayakan bayi dalam kandungan, karena hormon tiroid yang berlebih bisa melewati plasenta bayi dan menyebabkan risiko tiroid janin yang membesar.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Spesialis Kandungan

4. Pap smear

Bagi wanita yang sudah menikah, sangat disarankan untuk secara rutin menjalani tes pap smear. Ini merupakan tes kesehatan yang berfungsi untuk mendeteksi virus HPV yang bisa jadi penyebab kanker serviks. Sehingga, sebelum melakukan program hamil, stes pap smear juga perlu untuk dilakukan. Melalui tes ini, bisa ditemukan ada tidaknya kelainan yang terjadi di rahim dan vagina.

5. Tes penyakit kelamin

Bagi para wanita, terutama calon ibu, disarankan untuk melakukan tes penyakit kelamin sebagai salah satu kelengkapan medical check-up prakehamilan. Karena penyakit kelamin seperti klamidia atau sipilis seringkali tidak terdeteksi di tahap awal. Masalah tersebut juga bisa mempersulit kemungkinan kehamilan. Karena klamidia bisa menyebabkan adanya jaringan parut pada tuba falopi yang terdapat pada rahim. Jenis penyakit kelamin tertentu juga bisa menghambat proses pembuahan sehingga memperkecil peluang anda untuk hamil.

Kehamilan haruslah dipersiapkan dengan baik, agar calon ibu bisa melalui masa kehamilan yang menyenangkan dan aman. Dengan mengetahui kondisi kesehatan calon ibu, maka proses kehamilan bisa berlangsung secara optimal. Untuk bisa memperoleh program hamil secara optimal, tentu calon ibu perlu memilih lab kehamilan terpercaya dengan layanan ginekologi.

Ginekologi sendiri merupakan layanan pemeriksaan yang fokus pada kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita. Dimana dalam layanan ginekologi bisa mencakup diagnosis, penanganan, hingga perawatan penyakit yang terkait dengan organ reproduksi wanita. Layanan ginekologi sendiri mengarah pada kesehatan organ reproduksi wanita, mulai dari vagina, rahim, ovarium, hingga tuba falopi. Layanan kesehatan ini juga bisa mencakup penanganan masalah yang berhubungan dengan payudara wanita.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.