Pentingnya Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Dokter spesialis kandungan juga dikenal sebagai dokter spesialis obsetri dan ginekologi memiliki gelar SpOG. Tidak hanya mengatasi seputar masalah kandungan saja, namun dokter spesialis kandungan juga menangani kesehatan reproduksi wanita secara keseluruhan. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ibu hamil dan janin serta membantu persalinan, dokter spesialis kandungan juga menangani hal-hal lainnya. Seperti program kehamilan, infeksi kelamin atau saluran kemih, infertilitas, kanker rahim, kanker ovarium, dan kanker serviks. Serta masalah seputar menstruasi, keputihan yang tidak normal, serta gangguan tentang kesehatan seksual lainnya.

Berdasarkan kondisi pasien, dokter spesialis kandungan dapat melakukan tindakan medis termasuk diagnosa, perawatan, pencegahan dan prosedur medis lain seperti : persalinan normal atau caesar, USG, pengangkatan rahim, pengangkatan kista dan fibroid, pap smear, kuret dan dilasi, vaksinasi HPV, konsultasi kesuburan, pembuahan in vitro, dan sebagainya. Menemui dokter kandungan tidak hanya diperuntukkan bagi ibu hamil saja. Bagi setiap wanita yang memiliki masalah yang berhubungan dengan reproduksi dapat berobat ke dokter spesialis kandungan.

Anda dapat berobat ataupun berkonsultasi ke dokter kandungan jika mengalami keputihan tidak biasa, menstruasi tidak lancar, dan juga saat menjelang menopause. Selain itu, jika Anda tidak memiliki masalah atau dalam kondisi sehat, juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan setidaknya 1 sampai 5 tahun sekali. Pemeriksaan ini penting terutama pada wanita yang berusia di atas 21 tahun dan telah aktif berhubungan seksual. Hal ini dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan sistem reproduksi dalam rangka mencegah potensi penyakit yang mungkin terjadi.

Pada waktu pertama Anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan, Anda akan melakukan beberapa tes kesehatan umum seperti mengukur tinggi dan berat badan serta memeriksa tekanan darah. Kemudian, dokter akan mulai menanyakan riwayat medis Anda. Untuk itu, Anda diharapkan jujur saat membahas kesehatan Anda. Hal ini terkait hari pertama dan terakhir haid, bagaimana siklus menstruasi Anda, kapan pertama kali haid, kapan mulai melakukan aktivitas seksual, riwayat kesehatan keluarga dan hal lain yang berhubungan.

Baca Juga: Manfaat USG 4D untuk Melihat Kondisi Janin Lebih Detail

Kemudian setelah semua informasi kesehatan didapat, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik. Beberapa pemeriksaan fisik yang akan Anda lakukan jika Anda mengalami masalah atau jika Anda aktif secara seksual di antaranya:

1.     Pemeriksaan fisik dasar

Pemeriksaan ini meliputi memeriksa leher untuk mengetahui kemungkinan kelainan tiroid, pemeriksaan payudara dan pemeriksaan area eksternal vagina.

2.     Pemeriksaan panggul

Saat melakukan pemeriksaan panggul, dokter akan memasukkan satu atau dua jari dalam vagina Anda untuk memeriksa organ dalam. Dalam melakukan pemeriksaan ini dokter juga dapat menggunakan spekulum untuk membuka dan menahan dinding vagina untuk memeriksa leher rahim.

Untuk wanita 21 tahun ke atas, jika pemeriksaan panggul Anda termasuk Pap Smear maka dokter akan mengambil sampel sel leher rahim Anda. Sampel ini akan digunakan untuk menguji kanker serviks dan infeski lainnya. Saat pemeriksaan ini dokter mungkin juga akan mengambil sampel jaringan atau tes darah. Ini digunakan untuk memeriksa apakah terdapat penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, sipilis dan HIV.

3.     Pemeriksaan bimanual

Pada pemeriksaan ini, ketika spekulum dilepaskan dokter akan memeriksa apakah Anda merasakan sakit ketika leher rahim Anda digerakkan untuk memastikan apakah ada kelainan di daerah panggul. Pemeriksaan melalui dubur dapat juga dilakukan dalam bagian pemeriksaan ini. Dokter akan memasukkan jari ke dalam lubang dubur untuk mencari gejala  terkait masalah di daerah panggul.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.