Manfaat USG 4D untuk Melihat Kondisi Janin Lebih Detail

IBU WOMEN CLINIC – Kelahiran bayi dengan selamat adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, apalagi ketika sudah memasuki trimester akhir. Kehadiran buah hati dalam keluarga, tentu menjadi momen bahagia bagi para calon orang tua. Untuk mendukung proses persalinan yang lancar, tentu ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin. Ketika memasuki trimester ketiga atau trimester akhir, maka ini adalah kesempatan bagi calon ibu untuk bisa melihat calon bayinya dengan melakukan pemeriksaan USG 4D.

Seperti yang diketahui, pemeriksaan USG perlu dilakukan selama masa kehamilan untuk memantau kondisi perkembangan janin di dalam rahim. Melalui pemeriksaan ultrasonografi atau yang dikenal dengan istilah USG, maka calon ibu bisa melihat kondisi bayi dalam kandungan. Ketika anda melakukan pemeriksaan USG 4D, maka bayi dalam kandungan bisa terlihat dengan jelas dengan tampilan yang lebih detail. Pada USG ini nada bisa melihat gambar yang terlihat bergerak, seperti menonton video bayi anda di dalam kandungan.

Melihat kondisi janin dalam kandungan secara detail dan mengetahui apa saja yang sedang dilakukannya adalah salah satu keunggulan USG 4D. Bahkan dengan USG ini calon ibu  juga bisa melihat momen langka seperti bayi yang sedang menguap atau tersenyum. Pada USG 4D, bisa dilihat lebih detail kondisi janin, sehingga memudahkan untuk memantau kondisinya dnegan baik. Jadi, ketika ada indikasi terjadinya masalah pada tumbuh kembang janin, maka kondisi tersebut bisa diperiksa dengan lebih detail dan spesifik. Dengan kata lain, pemeriksaan USG 4D ini perlu dilakukan hanya pada trimester ketiga atau saat dokter merasa janin perlu pemeriksaan secara detail.

Pada USG 4D akan menampilkan sebuah tampilan yang terlihat seperti siaran video langsung. Apapun yang tengah dilakukan oleh janin, misalnya bergerak atau menendang, bisa terlihat jelas pada layar USG. Dengan melakukan pemeriksaan USG 4D, calon ibu bisa melihat tubuh janin secara keseluruhan dengan detail. Termasuk bagian tubuh janin seperti wajah, mulut dan hidung dengan lebih jelas. Dengan menggunakan pemeriksaan USG 4D ini, maka akan lebih banyak detail bagian tubuh janin yang bisa dilihat dari berbagai sudut. Sehingga, bisa membantu mendiagnosis ada tidaknya risiko cacat pada janin.

Baca Juga: Pantau Kondisi Kehamilan dengan Segera Periksa di Klinik USG

Pemeriksaan USG 4D juga dibutuhkan untuk membantu dokter kandungan dalam melakukan pemeriksaan jantung dan organ internal lainnya. Oleh sebab itu, dokter spesialis kandungan bisa menggunakan pemeriksaan USG 4D ini untuk keperluan medis saat diperlukan. Melalui pemeriksaan USG 4D ini, maka usia kehamilan dan hari perkiraan lahir atau HPL bisa lebih dipastikan. Kemudian jumlah cairan ketuban, posisi janin dan aliran darah melalui plasenta juga bisa diperhatikan secara lebih detail.

Untuk melakukan pemeriksaan USG 4D, tentu perlu diperhatikan juga kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Pemeriksaan USG 4D ini sebaiknya dilakukan pada saat usia kehamilan sudah memasuki 26 hingga 30 minggu. Pada usia kehamilan ini, janin hanya memiliki sedikit lemak di bawah kulit, sehingga tulang-tulang wajahnya akan terlihat. Namun pada usia kehamilan setelah 30 minggu, kepala janin biasanya sudah masuk jauh ke dalam jalan lahir. Sehingga besar  kemungkinan anda tidak bisa melihat wajah si Kecil. Meski USG 4D aman dan tidak menimbulkan ancaman bagi janin. Namun perlu untuk menjadi perhatian apakah tujuan dari penggunaan USG 4D ini. Pastikan terlebih dulu dengan dokter kandungan apakah anda benar-benar membutuhkan USG 4D.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here