Pantau Kondisi Kehamilan dengan Segera Periksa di Klinik USG

IBU WOMEN CLINIC – Menantikan momen kehamilan memang selalu terasa mendebarkan bagi setiap pasangan suami istri. Apalagi ketika hasil dari pemeriksaan melalui test pack telah menunjukkan hasil positif. Tentu anda dan pasangan akan merasakan kebahagiaan yang juga penuh rasa haru. Untuk menunjang masa kehamilan yang berjalan dengan baik, tentu ibu hamil perlu untuk segera memeriksakan kehamilannya begitu mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Ini karena pemeriksaan memiliki peranan yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Pemeriksaan kehamilan di klinik USG penting guna memastikan kehamilan, serta membantu ibu hamil untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Sehingga masa kehamilannya dapat berlangsung secara optimal hingga menuju proses persalinan yang lancar. Pemeriksaan kehamilan sendiri terdiri dari perawatan kesehatan prenatal atau pemeriksaan sebelum melahirkan dan postpartum yaitu pemeriksaan setelah melahirkan. Tujuan utama dari pemeriksaan kehamilan yaitu untuk memastikan kehamilan yang sehat dan persalinan yang aman. Yang mana hal tersebut sangatlah penting baik untuk ibu hamil maupun bayi dalam kandungannya.

Pemeriksaan kehamilan yang pertama kali perlu untuk dilakukan sesegera mungkin ketika uji test pack menunjukkan hasil yang positif. Hal ini tidak bertujuan untuk mengonfirmasi kehamilan yang terjadi, tetapi juga sebagai langkah penting untuk mengetahui keadaan dan lokasi janin. Dengan pemeriksaan USG, Dokter bisa mengetahui kondisi dan keadaan janin dengan lebih akurat. Apakah lokasi kehamilan berada di luar atau di dalam rahim. Serta membantu dalam menentukan apakah kondisi kandungan cukup sehat untuk mendukung proses kehamilan. Inilah mengapa pemeriksaan kehamilan penting untuk dilakukan sesegera mungkin.

Tidak hanya adi awal kehamilan, ibu hamil juga perlu untuk tetap memeriksakan kehamilannya secara rutin. Idealnya, pemeriksaan kehamilan perlu dilakukan oleh ibu hamil minimal 8 kali selam masa kehamilan. Ibu hamil perlu untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan selama masa enam bulan pertama kehamilan. Pada saat usia kandungan telah memasuki usia 7-8 bulan kehamilan, maka lakukan pemeriksaan kehamilan setiap dua minggu sekali. Dan intensitas pemeriksaan kehamilan ditambah menjadi satu kali setiap minggunya, ketika usia kehamilan telah memasuki usia 9 bulan.

Baca Juga: Pemeriksaan Lab Kehamilan yang Perlu Dilakukan Selama Kehamilan

Ketika pertama kali anda melakukan pemeriksaan kehamilan, maka Dokter akan menanyakan kondisi kesehatan anda secara menyeluruh. Ini termasuk siklus menstruasi, penyakit yang pernah diderita oleh Anda dan keluarga, gaya hidup, dan obat-obatan yang pernah dikonsumsi. Selain itu, berbagai jenis pemeriksaan mungkin juga akan dilakukan, meliputi:

  • Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik umumnya mencakup pengecekan berat dan tinggi badan, tekanan darah, kondisi payudara, jantung, dan paru-paru. Selanjutnya dilakukan pengecekan vagina, rahim dan serviks guna mengetahui jika ada kemungkinan gangguan pada kehamilan.

  • Tes urine

Tes urine dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya infeksi saluran kemih atau ginjal. Tes ini juga dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat protein atau gula dalam urine.

  • Tes darah

Tes darah dil;akukan guna mengetahui golongan darah termasuk status rhesus ibu hamil. Dan mengukur kadar hemoglobin, serta mengetahui apakah anda memiliki kondisi infeksi tertentu.

  • Tes skrining janin

Tes ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Dalam tes pemeriksaan ini biasanya dilakukan pemeriksaan USG serta tes darah. Jika diperlukan, dokter kandungan mungkin juga akan menyarankan pemeriksaan genetik pada janin dalam kandungan.

Selain melakukan berbagai pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kehamilan dengan  baik, biasanya waktu perkiraan bayi lahir juga bisa dilihat pada kunjungan pertama. Pada kesempatan pemeriksaan awal kehamilan, anda bisa bertanya mengenai berbagai hal terkait dengan kehamilan. Sehingga, masa kehamilan anda bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga proses persalinan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here