Mengapa Harus Pergi ke Dokter Spesialis Kandungan Meskipun Tidak Sedang Hamil?

IBU WOMEN CLINIC – Dengan tujuan untuk menjaga kesehatan reproduksi dan seksual dengan baik dan benar, maka akan ada saatnya dalam hidup setiap wanita muda untuk mulai mengunjungi seorang dokter spesialis kandungan demi melakukan check up tahunan, meskipun wanita tersebut tidaklah hamil. Bayangan mengunjungi seorang dokter spesialis kandungan, apalagi untuk pertama kalinya bagi beberapa wanita mungkin akan terasa sedikit tidak nyaman karena dokter akan bisa melihat bagian paling pribadi dari tubuh Anda. Atau pada saat Anda tidak ingin untuk membahas isu-isu yang menjurus kepada hal tersebut.

Walaupun begitu, jangan khawatir untuk pergi ke dokter karena sudah menjadi tugasnya untuk membuat pasien merasa aman dan nyaman ketika membicarakan banyak hal yang sudah dianggap tabu selama ini. Maka berikut ini, adalah garis besar tentang persiapan dan apa yang akan terjadi selama anda bertemu dengan dokter spesialis kandungan yang Anda pilih supaya bisa meringankan kekhawatiran anda.

Waktu yang Tepat untuk Bertemu dengan Dokter Spesialis Kandungan

Sebenarnya tidak perlu alasan yang konkret untuk mengunjungi dokter spesialis kandungan. Sebuah kongres obgyn di Amerika, merekomendasikan perempuan untuk menjadwalkan bertemu dengan dokter spesialis kandungan pada saat mereka menginjak usia 13 hingga 15 tahun atau juga di usia pada saat perempuan tersebut aktif secara seksual, maksudnya sudah mulai menstruasi atau sebagainya.

Alasan lain untuk mengunjungi dokter spesialis kandungan adalah supaya mendapatkan selama menstruasi menyakitkan dan dan pada saat menstruasi tidak teratur, memeriksakan diri atasi penyakit infeksi menular seksual, infeksi yang terjadi pada organ, merencanakan KB, bahkan hingga melakukan kemungkinan skrining kanker. Apabila Anda mempunyai alasan tertentu untuk membuat janji temu, maka beritahu dokter tersebut.

Pada saat menjadwalkan janji temu dengan dokter spesialis kandungan beritahu kepada perawat atau resepsionis bahwa ini merupakan kunjungan pertama Anda, tetapi hal ini terkecuali apabila Anda mempunyai kunjungan darurat, coba jadwalkan kunjungan pada saat Anda tidak sedang menstruasi.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Ideal dan Tepat untuk Melakukan USG 4D?

Apa yang Harus Ditanyakan ke Dokter Spesialis Kandungan Ketika Konsultasi?

Pemeriksaan ginekologi hanya akan menghabiskan waktu selama sekitar kurang lebih 20 menit saja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menemui dokter spesialis kandungan dengan menyiapkan daftar pertanyaan khusus yang ingin Anda diskusikan dengan dokter dan tidak ada pertanyaan yang di luar batas masalah menstruasi, kesuburan dan kehamilan, resiko penyakit kelamin atau hingga aborsi.

Akan sangat penting untuk tidak meninggalkan praktek dokter tanpa mempertanyakan sesuatu yang penting yang bisa mempengaruhi jenis tes apa yang harus dilakukan perempuan tersebut. Anda perlu mengingat bahwa dokter ada bukan untuk menghakimi Anda, tujuan utama dari menemui dokter spesialis kandungan adalah untuk merawat anda dengan cara yang terbaik. Maka berikut ini adalah beberapa anjuran pertanyaan yang bisa ditanyakan pada saat menemui dokter spesialis kandungan:

  • Mengapa dan kapan harus melakukan mamografi?
  • Mengapa pap smear perlu dilakukan, lalu seberapa sering saya harus melakukan pap smear?
  • Bagaimana cara mencegah kehamilan, serta penularan penyakit seksual, seperti HIV?
  • Apa itu HPV dan apakah memerlukan vaksin.hpv?

Hal yang perlu diingat adalah selama proses pemeriksaan, Anda harus berkata jujur mengenai riwayat kesehatan diri anda sendiri. Anda dapat menceritakan apakah selalu mengalami menstruasi dengan teratur atau tidak apakah pada saat menstruasi sering disertai kram perut atau nyeri?. Semua hal tersebut wajib dijelaskan kepada dokter spesialis kandungan agar ia dapat mendiagnosis kondisi kesehatan reproduksi anda dengan benar.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here