Pemeriksaan Lab Kehamilan yang Perlu Dilakukan Selama Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Masa kehamilan merupakan masa-masa yang paling rentan dan perlu untuk dijaga dengan baik. Hal tersebut penting dilakukan demi kesehatan calon ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya harus dijaga dengan baik sejak awal memasuki masa kehamilan hingga menuju proses persalinan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium atau lab kehamilan. Pemeriksaan laboratorium selama masa kehamilan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Pentingnya melakukan pemeriksaan lab kehamilan bertujuan untuk mempersiapkan masa kehamilan, persalinan, hingga menyusui yang sehat dan aman. Baik itu bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Ini juga penting untuk mengetahui risiko genetis yang akan diturunkan kepada janin. Sehingga, dokter bisa melakukan pencegahan yang tepat. Selain itu, pemeriksaan laboratorium juga penting untuk mengetahui kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan secara keseluruhan.

Pemeriksaan lab kehamilan juga bertujuan untuk mencegah risiko terjadinya pre-eklampsia. Kemudian gangguan obesitas, riwayat hipertensi, dan gangguan kehamilan lainnya yang mungkin bisa menghambat perkembangan janin dalam kandungan.  Pemeriksaan lab kehamilan ini juga dibutuhkan untuk memperkecil potensi janin gugur. Serta mencegah penyebab janin cacat sejak dalam kandungan, atau meninggal di dalam kandungan.

Pada umumnya, pemeriksaan laboratorium untuk ibu hamil bisa dilakukan setidaknya tiga kali selama masa kehamilan. Yakni dilakukan pada trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Berikut ini pemeriksaan lab kehamilan yang dianjurkan pada saat hamil, meliputi:

1.    Trimester Pertama (Usia Kehamilan 1-12 Minggu)

Pada awal kehamilan, disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan basic pregnancy test. Pemeriksaan dasar ini dibutuhkan untuk mendeteksi berbagai resiko yang dapat mengganggu kehamilan. Tes ini mencakup pemeriksaan urin, Hb, Leukosit, Trombosit, Hemakokrit, Anti HIV, Urea, Creatin, dan lain sebagainya.

Pada usia kehamilan yang telah memasuki 11 hingga 14 minggu, ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lab kehamilan lagi. Pemeriksaan tersebut bisa mencakup  Sindrom freeB-HCG, PaPP-A test, dan NIPT (Non Invasive Prenatal Test). Ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang telah berusai 35 tahun ke atas. Pemeriksaan lab ini penting dilakukan, karena risiko memiliki bayi dengan kelainan kromosom cenderung lebih rentan.

Baca Juga: Pemeriksaan Program Hamil pada Dokter Spesialis Kandungan

2.    Trimester Kedua (Usia Kehamilan 13-24 Minggu)

Pemeriksaan lab kehamilan yang dilakukan pada trimester kedua bertujuan untuk mendeteksi adanya risiko Diabetes Gestasional. Yaitu tingkat glukosa yang meningkat dan gejala diabetes lainnya yang mungkin muncul selama kehamilan. Sebelum melakukan pemeriksaan, Anda harus berpuasa terlebih dahulu pada malam sebelumnya. Pemeriksaan laboratorium pada trimester ini juga bisa mencakup pemeriksaan urin dan Triple Test.

3.    Trimester Ketiga (Usia Kehamilan 25-40 Minggu)

Pemeriksaan lab kehamilan pada trimester ke tiga bermanfaat untuk mengetahui kondisi tubuh calon ibu memasuki persiapan persalinan. Seperti kondisi fungsi ginjal, kadar hemoglobin, gula darah dan mendeteksi ada tidaknya infeksi saluran kemih. Oleh karenanya, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini 19 hingga 20 hari atau sekitar 2-3 minggu sebelum memasuki proses persalinan. Pemeriksaan lab kehamilan pada trimester ini meliputi Hematology rutin, gambaran darah tepi (PBS), glukosa sewaktu, ureum, creatinin, urin rutin, dan urin culture.

Ibu hamil sebaiknya harus memeriksakan kehamilan dengan rutin pada dokter kandungan. Sehingga masa kehamilan bisa berlangsung aman hingga pada proses persalinan yang lancar.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here