Kapan Waktu yang Ideal dan Tepat untuk Melakukan USG 4D?

IBU WOMEN CLINIC – Setiap ibu yang hamil pasti sudah tidak sabar untuk ingin mengetahui jenis kelamin bayi yang ada di kandungannya. Tetapi, ibu juga harus dengan sabar menunggu karena jenis kelamin seorang janin biasanya baru bisa terdeteksi pada saat usia kehamilan telah mencapai 4 bulan ke atas. Pemeriksaan USG adalah cara utama untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Akhir-akhir ini ada banyak jenis pemeriksaan ultrasonografi yang bisa Anda pilih, mulai dari USG 2 dimensi, 3 dimensi bahkan hingga 4 dimensi. Diantara ketiga USG tersebut, USG 4 dimensi yang sering dinilai sebagai pemeriksaan paling detail, salah satunya dapat mencari tahu jenis kelamin bayi dengan sangat jelas.

USG 4 dimensi menjadi salah satu pilihan seorang ibu hamil pada saat mengalami masa kehamilan. Karena ini adalah waktu yang ideal untuk melakukan pemeriksaan USG. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan pengetahuan, pemeriksaan ultrasonografi untuk ibu hamil mengalami banyak kemajuan. USG 4 dimensi akan memungkinkan dokter untuk bisa mendeteksi apakah ada kelainan yang terdapat pada janin dengan lebih dini sehingga dokter bisa mengantisipasinya lebih siap dan terarah dengan pengobatan yang diberikan.

Hal ini dikarenakan USG 4 dimensi berbeda dengan USG 2 dimensi dan 3 dimensi. USG 4 dimensi ini dikenal dengan video, karena alat USG bisa merekam layaknya seperti merekam dengan video. Tidak heran apabila anda dan pasangan dapat melihat gambar bergerak seperti di TV. Dengan USG 4D juga dapat melihat aktivitas janin dengan lebih jelas, misalnya pada saat menguap tersenyum meringkuk atau gerakan lainnya. Bukan hanya itu saja, namun juga bisa melihat bagian tubuh janin secara lebih nyata dan detail.

Waktu yang Tepat untuk Pemeriksaan USG 4 Dimensi

Kapan sebaiknya dilakukan USG 4 dimensi? Pada dasarnya tidak ada suatu batasan tertentu untuk melakukan USG 4 dimensi. Hal ini berarti bahwa ibu hamil bisa kapan saja melakukan pemeriksaan USG. Baik di trimester awal, trimester kedua, ataupun trimester ketiga. Masing-masing dari trimester tentunya mempunyai manfaat tersendiri jika dilakukan pemeriksaan USG 4 dimensi. Walaupun begitu biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan USG 4D apabila ibu hamil mempunyai tingkat resiko kelainan kehamilan yang cukup tinggi misalnya seperti pernah melahirkan bayi dengan kelainan bawaan penderita diabetes, ibu hamil berusia diatas 35 tahun, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apakah Klinik USG Hanya Tersedia untuk Pemeriksaan Kehamilan?

Meskipun dokter menyarankan seperti itu, tidak menutup kemungkinan apabila ibu hamil ingin mengajukan sendiri untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi 4D. Dalam kasus tersebut biasanya USG 4 dimensi yang yang dilakukan untuk melihat wajah bayi pada pertama kalinya sebelum lahir ke dunia. Dikarenakan USG 4 dimensi ini menciptakan efek video live, sehingga ibu hamil bisa melihat secara detail aktivitas bayi dan wajah bayi secara real time.

Selain waktu yang ideal ada juga yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum melakukan USG 4 dimensi. Seperti yang diketahui bahwa pemeriksaan ultrasonografi ini adalah salah satu pemeriksaan dengan penunjangnya adalah sistem radiologi yang biasa digunakan dalam pemeriksaan kehamilan. Secara harfiah, ultrasonografi berarti pengambilan gambar dengan gelombang suara tinggi yang dipantulkan ke arah kandungan atau perut ibu hamil.

Walaupun beberapa studi telah mengatakan tindakan pemeriksaan USG 4 dimensi ini aman, namun terlalu sering memeriksakan janin dengan metode USG 4D juga tidak baik untuk janin.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here