Pemeriksaan Program Hamil pada Dokter Spesialis Kandungan

IBU WOMEN CLINIC – Kehamilan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Untuk bisa segera hamil, anda bisa mempersiapkannya dengan melakukan program hamil. Menjalani program hamil atau promil tentu perlu dipersiapkan dengan upaya yang maksimal. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan. Tujuan pemeriksaan tersebut adalah untuk mengidentifikasi hal-hal yang mungkin memengaruhi kemampuan untuk hamil. Selain itu, pemeriksaan ini juga dibutuhkan guna meningkatkan peluang bayi lahir sehat.

Pemeriksaan yang Dibutuhkan Saat Menjalani Program Hamil (Promil)

Ketika anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan dengan program hamil (promil), maka akan ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan. Dimana pemeriksaan yang dilakukan pada saat menjalani program hamil bisa dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Berikut ini beberapa jenis pemeriksaan yang umumnya dilakukan pada saat menjalani promil, meliputi:

1.     Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa bagaimana kondisi tubuh sebelum menjalani masa kehamilan. Pemeriksaan fisik ini meliputi pengukuran berat  badan dan tinggi badan. Serta pemeriksaan tanda vital, seperti detak jantung, tekanan darah, dan frekuensi pernapasan.

2.     Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium ini memiliki tujuan untuk mendeteksi kemungkinan kelainan yang dimiliki calon orangtua dan mungkin berpotensi diturunkan pada anak. Beberapa jenis pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan diantaranya yaitu:

  • Tes urine

Tes ini digunakan untuk mendeteksi kadar gula dalam tubuh. Ini penting untuk mengendalikan kadar gula darah pada batas normal, sebelum memasuki masa kehamilan.

  • Tes darah

Pengujian sampel darah perlu dilakukan untuk mendeteksi beberapa jenis penyakit, seperti sifilis, HIV, herpes, hepatitis B, dan cytomegalovirus. Pengujian sampel darah juga digunakan untuk mengidentifikasi jumlah sel darah, mengecek golongan darah, serta memeriksa kadar tiroid.

  • Pap smear

Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel sel jaringan serviks untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Seperti adanya peradangan atau infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita.

Baca Juga: Ibu Hamil Perlu Tahu Kelebihan USG 4D

3.     Pemindaian

Pemeriksaan pemindaian ini dibutuhkan untuk melihat keadaan organ reproduksi. Beberapa pemeriksaan melalui pemindaian, meliputi:

  • USG

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa bagaimana kondisi indung telur, rahim, dan saluran indung telur. Serta digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya kelainan yang bisa memengaruhi fungsi rahim dan menghambat proses kehamilan. Seperti misalnya endometriosis dan miom.

  • Histerosalpingografi

Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan sinar rontgen dan cairan kontras untuk memeriksa kondisi rahim dan saluran indung telur.

  • Laparoskopi

Pemeriksaan ini bisa dilakukan jika anda memiliki riwayat radang panggul atau ditemukan adanya penyumbatan pada salah satu atau kedua tuba falopi.

Pemeriksaan Saat Promil Bagi Pria

Kesuksesan dari program hamil yang dijalani tidak hanya ditentukan oleh wanita saja, tetapi juga pria. Dimana pasangan anda juga memiliki andil dalam kesuksesan program hamil yang sedang dijalani berdua. Ketika menjalani program hamil (promil), pria juga perlu untuk menjalani sejumlah pemeriksaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada hal-hal yang bisa mengganggu keberhasilan promil yang dilakukan. Berikut ini pemeriksaan yang perlu dilakukan oleh pria, seperti:

  • Tes urine

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi sel darah putih dalam urine, sebagai indikator adanya infeksi yang mungkin terjadi.

  • Cek sperma

Ini dilakukan untuk menghitung jumlah sperma dan mendeteksi ada tidaknya kelainan yang terjadi pada bentuk, pergerakan, atau warna sperma.

  • USG

Ini bertujuan untuk mendeteksi lokasi kerusakan atau penyumbatan yang mungkin terjadi pada saluran reproduksi pria.

  • Biopsi testis

Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sedikit sampel jaringan testis dan menganalisanya di laboratorium untuk menentukan tingkat produksi sperma.

  • Vasografi

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya penyumbatan atau kebocoran sperma pada vas deferens.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here