Apakah Klinik USG Hanya Tersedia untuk Pemeriksaan Kehamilan?

IBU WOMEN CLINIC – Pemeriksaan USG atau ultrasonografi ini pada umumnya dilakukan dengan tujuan supaya dapat memeriksa segala macam hal yang terkait dengan proses kehamilan, mulai dari memantau kondisi bayi dalam kandungan dengan keseluruhan, mengetahui jenis kelamin bayi, hingga menganalisis masalah apa yang terjadi pada saat kehamilan yang berisiko. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui apabila USG juga bisa digunakan untuk mendeteksi terjadi banyak masalah kesehatan lain yang tidak berhubungan dengan kehamilan.

Dari segala usia, tua hingga muda dapat menjalani pemeriksaan USG apabila dokter menyarankannya. Hal tersebut bertujuan agar bisa memastikan diagnosis penyakitnya. Dan juga supaya Anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat. Jadi masalah kesehatan dan penyakit apa saja yang bisa dideteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi atau USG?

Cara Kerja USG

Pemeriksaan ultrasonografi atau USG merupakan sebuah tes pemeriksaan yang memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi, supaya dapat menggambarkan kondisi organ-organ yang ada di dalam tubuh. Pada saat Anda melakukan pemeriksaan ultrasonografi maka bagian tubuh yang akan diperiksa diolesi gel khusus. Lalu, dokter akan menggerakan sebuah stik pengontrol yang bernama transduse tersebut pada bagian tubuh yang sudah diolesi dengan gel khusus tersebut.

Transduser ini akan mengirimkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi ke organ ataupun cairan tubuh yang ada di dalam area tersebut. Kemudian gelombang suara ini akan memantul kembali dengan berupa sinyal listrik ke mesin yang akan mengubah gelombang suara tersebut menjadi gambar. Hasilnya, Anda dapat melihat gambar organ dalam tubuh Anda pada layar monitor yang tersedia.

Misalnya pada saat Anda diminta untuk melakukan pemeriksaan USG lambung. Setelah perut Anda diolesi oleh gel khusus, maka stik transduser akan bergerak-gerak di atas perut, lalu menerima gelombang suara yang akan menghasilkan gambar lambung sekaligus dengan rangka perut. Pada jaringan yang mempunyai kepadatan tinggi, misalnya seperti tulang, layar USG maka akan menampilkan gambar berwarna putih. Sedangkan untuk jaringan lunak seperti jantung dan lambung akan dimunculkan sebagai gambaran berwarna hitam.

Baca Juga: Rangkaian Pemeriksaan yang Akan Dilalui Ibu Hamil Saat Cek Lab Kehamilan

Melalui Pemeriksaan USG, Masalah Kesehatan Apa Saja yang Dapat Dideteksi?

Selain untuk memeriksakan kondisi kehamilan pemeriksaan USG juga berfungsi untuk mendeteksi permasalahan kesehatan yang terjadi pada:

Sistem kandung kemih (urinasi)

Tes ultrasonografi bisa mendeteksi dan memberikan gambaran yang jelas tentang masalah pada saluran kemih pendeteksian dimulai dari ginjal hingga kandung kemih. Penyakit atau kondisi medis tertentu yang bisa dideteksi misalnya seperti tumor ginjal, hydronefrosis atau pembesaran ginjal, hingga penebalan dinding saluran kemih.

Usus buntu

Apendisitis atau usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu yang disebabkan karena penyumbatan. Organ tubuh yang satu ini memiliki bentuk seperti selang kecil yang tertempel di bagian awal usus besar. Pada umumnya usus buntu tidak mempunyai fungsi tertentu, namun pada saat sumbatan tersebut pecah maka radang usus buntu bisa membahayakan nyawa seseorang.

Sistem empedu

Segala gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan sistem empedu dapat dideteksi melalui pemeriksaan USG. Kantung empedu yang berada di antara cara hati dan usus memiliki fungsi untuk menyimpan empedu dari hati sampai saatnya tiba untuk dilepaskan ke dalam usus dengan fungsi untuk membantu pencernaan. Empedu sendiri merupakan cairan kuning kehijauan yang memiliki fungsi mencerna lemak. Cairan empedu dapat menumpuk yang lama-lama bisa mengkristal sehingga menimbulkan suatu masalah kesehatan tertentu misalnya seperti kolesistitis dan batu empedu.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here