Ibu Hamil Perlu Tahu Kelebihan USG 4D

IBU WOMEN CLINIC – Pemindaian dengan USG merupakan pemeriksaan yang umum dilakukan pada masa kehamilan. Dengan melakukan USG ibu hamil bisa mengetahui kondisi janin dalam kandungan dan memantau perkembangannya. Sekarang ini terdapat berbagai jenis USG mulai dari 2D, 3D bahkan yang terbaru USG 4D dengan hasil yang lebih akurat. USG 4D sendiri saat ini menjadi pilihan pemeriksaan USG yang populer. Ini karena ibu hamil bisa melihat kondisi janin dalam kandungan dengan lebih jelas.

Sebenarnya pemeriksaan USG baik 3D dan 4D memiliki metode yang sama. Dimana pada pemeriksaan USG 4D menggunakan gelombang suara untuk menampilkan kondisi kehamilan anda. Kondisi ini mulai dari keadaan rahim, wujud janin, hingga gangguan yang mungkin terjadi di dalam kandungan. Teknologi pada USG 4D yang lebih canggih, mampu memberikan hasil pemindaian yang lebih jelas. Berikut ini beberapa kelebihan yang dihadirkan oleh USG 4D, seperti:

Menyajikan Gambar Bergerak Seperti Video

USG 4D atau 4 dimensi mampu menyajikan gambar hasil USG yang bergerak seperti video. Dengan begitu, aktivitas janin dalam kandungan bisa dilihat dengan lebih jelas. Aktivitas janin seperti tersenyum, menguap, ataupun gerakan lainnya bisa ditampilkan pada hasil USG 4D. Selain itu, ibu hamil juga bisa melihat bagian-bagian tubuh janin dengan detail dan lebih nyata.

Memudahkan untuk Mendeteksi Gangguan pada Janin

Pemeriksaan USG 4D tidak membantu anda melihat kondisi buah hati, tetapi juga membantu mendeteksi adanya kemungkinan gangguan atau abnormalitas pada janin. Pemeriksaan ini juga mampu menampilkan kondisi organ-organ tubuh janin secara jelas untuk memantau perkembangannya. Tentunya  dokter kandungan bisa lebih mudah untuk segera melakukan langkah-langkah penanganan, jika ditemukan adanya gangguan.

Sebagai Prosedur untuk Memastikan Diagnosis

Sebagai salah satu prosedur diagnosis, pemeriksaan USG 4D bisa dilakukan dengan beberapa prosedur medis lainnya. Seperti misalnya amniosentesis atau pengambilan sampel cairan ketuban, pemeriksaan darah, hormon, atau kromosom. Langkah ini dilakukan untuk memastikan hasil diagnosis terhadap kondisi ibu hamil dan janinnya.

Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

Pemeriksaan USG 4D juga sering digunakan untuk memeriksa perkembangan dan kesehatan bayi sejak terjadinya kehamilan hingga menjelang proses persalinan. Pada trimester tiga ibu hamil bisa mengetahui jenis kelamin bayi dengan melakukan pemeriksaan USG 4D ini.

Baca Juga: Pantau Kondisi Janin Dalam Kandungan dengan Rutin Periksa di Klinik USG

USG 4D sendiri bisa dilakukan pada usia kehamilan berapa pun, baik itu di trimester pertama, trimester kedua, maupun trimester ketiga. Meski begitu, USG 4D biasanya hanya dianjurkan untuk ibu hamil yang memiliki tingkat risiko masalah kehamilan yang cukup tinggi. Seperti misalnya ibu hamil yang telah berusia atas 35 tahun. Kemudian ibu hamil yang pernah keguguran, melahirkan bayi dengan kelainan bawaan, mengidap diabetes atau kondisi tertentu lainnya. Meski begitu, ibu hamil tetap bisa melakukan pemeriksaan USG 4D meski tidak mengalami risiko kehamilan apa pun.

Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG 4D yaitu ketika usia kehamilan ibu telah mencapai 24-30 minggu. Ini karena, sebelum usia kehamilan mencapai 24 minggu bentuk wajah janin belum terbentuk sempurna sehingga hasilnya kurang terlihat bagus. Namun, jika ibu hamil melakukan pemeriksaan USG 4D setelah usia kehamilan 30 minggu, wajah janin justru lebih sulit dilihat. Ini karena rahim sudah semakin penuh dan bagian kepala Si Kecil mungkin sudah masuk ke daerah panggul. Untuk memperoleh hasil USG 4D yang baik, tentu ibu hamil perlu memeriksakan kehamilannya pada klinik USG terpercaya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here