Pentingnya Pantau Kesehatan Janin Melalui Pemeriksaan Skrining di Lab Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Melakukan pemeriksaan secara rutin selama kehamilan sangatlah penting untuk memantau kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin juga penting dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan risiko kesehatan yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan pada lab kehamilan seperti tes skrining prenatal guna mengetahui segala risiko yang mungkin bisa terjadi. Tentunya dengan melakukan konsultasi pada dokter spesialis kandungan terlebih dulu.

Kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan sangatlah penting dijaga dengan baik selama kehamilan hingga proses persalinan yang berjalan lancar. Untuk itu, melakukan tes skrining prenatal merupakan salah satu cara untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan kesehatan yang mungkin berisiko bagi kehamilan. Tes skrining prenatal bisa memberikan perkiraan atas kemungkinan adanya kondisi tertentu yang terjadi pada janin dalam kandungan. Sehingga dokter bisa memberikan tindakan pencegahan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tes skrining prenatal dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya selama masa kehamilan. Dimana biasanya dalam tes ini dilakukan pemeriksaan kondisi kromosom untuk mengetahui ada tidaknya kemungkinan risiko Down syndrome dan sindrom Patau pada bayi. Kemudian mengetahui ada tidaknya risiko cacat tabung saraf (spina bifida atau anencephaly). Serta ada tidaknya cacat lahir seperti cacat jantung bawaan atau kondisi ginjal.

Lalu, kapan sebaiknya ibu hamil melakukan tes skrining prenatal? Sebagian besar tes skrining prenatal ini bisa dilakukan selama trimester pertama dan kedua. Dimana tes skrining pada trimester pertama bisa dilakukan pada 9 – 13 minggu kehamilan. Dan tes skrining pada trimester kedua bisa dilakukan pada 14 – 18 minggu kehamilan. Biasanya ibu hamil lebih memilih untuk melakukan tes skrining prenatal pada trimester pertama. Tujuannya yaitu agar bisa melaksanakan pencegahan kemungkinan risiko kesehatan yang timbul dengan lebih optimal. Ketahui manfaat melakukan tes skrining prenatal pada setiap trimester berikut:

Baca Juga: Konsultasi Rutin Dokter Spesialis Kandungan Menunjang Kondisi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

1.     Tes skrining prenatal trimester pertama

Pada trimester pertama, biasanya dilakukan pemeriksaan USG untuk menentukan ukuran dan posisi bayi. Pemeriksaan ini juga dilakukan untuk menemukan potensi kelainan yang mungkin terjadi dalam struktur tulang dan organ janin.

2.     Tes skrining prenatal trimester kedua

Pada trimester kedua, pemeriksaan USG dilakukan dengan lebih rinci untuk mengevaluasi kondisi bayi dalam kandunga dengan akurat.  Tes darah yang dilakukan selama trimester kedua bertujuan untuk mengetahui jika janin berpotensi tinggi menderita Down syndrome. Ataupun adanya risiko cacat tabung saraf, dan kelainan dinding perut. Tes tersebut umumnya disarankan jika ibu hamil memiliki kondisi tertentu ataupun terlambat memulai perawatan prenatal.

Selain itu, ibu hamil juga diminta untuk melakukan tes gula darah. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi ada tidaknya kemungkinan risiko diabetes gestational yang mungkin muncul selama masa kehamilan. Dimana kemudian Dokter bisa memutuskan apakah ibu hamil perlu untuk menjalani proses persalinan secara caesar atau secara normal. Serta melakukan pemeriksaan pengaruh lainnya terhadap kesehatan kehamilan.

3.     Tes skrining prenatal trimester ketiga

Tes skrining prenatal yang dilakukan pada trimester ketiga penting untuk mendeteksi infeksi serius pada ibu hamil dan bayi menjelang proses persalinan. Bagi ibu hamil, tes skrining prenatal yang dilakukan bisa menjadi sumber informasi penting untuk mendeteksi risiko kesehatan yang mungkin terjadi pada janin. Anda bisa melakukan konsultasi dengna dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan rutin guna memantau kesehatan janin dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here