Manfaat dan Waktu Terbaik Melakukan Pemeriksaan USG 4D

IBU WOMEN CLINIC – Ibu hamil tentu penasaran dengan kondisi janin di dalam kandungan. Hal ini merupakan hal yang wajar dialami oleh calon ibu, karena kehamilan adalah momen yang menggembirakan. Dimana para calon ibu menginginkan yang terbaik untuk  janin yang ada dalam kandungan. Untuk membantu ibu hamil mengetahui kondisi perkembangan janin dalam rahim, pemeriksaan USG 4D adalah salah satu caranya.

Teknologi USG 4D membuat calon ibu bisa lebih mudah untuk mengamati dan mengetahui bagaimana keadaan janin, termasuk wajah dan jenis kelaminnya. Dengan hadirnya USG 4D, para calon ibu bisa mengetahui kondisi perkembangan janin dalam rahim dengan lebih jelas. Sebetulnya pemeriksaan USG 4D dan USG 3D hampir sama, tetapi dalam USG 4D aktivitas gerak bayi bisa dilihat secara langsung dalam bentuk video. Seperti misalnya ketika bayi dalam kandungan sedang menguap dan menendang.

Manfaat Pemeriksaan USG 4D

Fungsi pemeriksaan USG 4D tidak hanya untuk memantau kondisi janin dalam kandungan, tetapi juga untuk tujuan medis. Dokter kandungan memerlukan hasil pemeriksaan USG 4D untuk mengetahui keadaan janin secara lebih jelas dan akurat. Sehingga, dokter bisa melakukan intervensi sesegera mungkin jika mendapati adanya masalah kesehatan. Pemeriksaan ini sangatlah penting sebagai pendeteksian dini untuk meminimalisir risiko yang mungkin bisa membahayakan janin dalam kandungan dan ibunya.

Dengan teknologi USG 4D, Dokter kandungan bisa mengamati dengan lebih jelas organ-organ janin pada saat bergerak-gerak dalam kandungan. Dengan demikian, dokter bisa dengan mudah menemukan adanya gangguan atau kondisi abnormal yang terjadi. Setelahnya, dokter kandungan bisa segera mengambil tindakan yang diperlukan. Semakin dini deteksi yang dilakukan, maka kemungkinan keberhasilan tindakan juga semakin besar. Pemeriksaan USG 4D bisa dikombinasikan dengan tindakan medis lain seperti tes darah calon ibu. Sehingga hasil pemeriksaan lebih akurat dan membantu dokter untuk menentukan prosedur perawatan yang paling tepat.

Baca Juga: Jenis Layanan USG di Klinik USG Untuk Pantau Kondisi Janin Dalam Kandungan

Kapan Seharusnya Melakukan Pemeriksaan USG 4D

Pemeriksaan USG 4D bisa dilakukan oleh ibu hamil kapan pun selama masa kehamilan. Tetapi, untuk mendapatkan manfaat yang optimal, disarankan untuk menjalani USG 4D ketika usia kandungan lebih dari 27 minggu. Waktu terbaik untuk melaksanakan pemeriksaan USG 4D adalah usia kehamilan 27-32 minggu. Karena pada usia kehamilan tersebut, organ-organ janin dalam kandungan sudah mulai terbentuk. Dengan begitu, fitur wajah bayi sudah mulai terlihat dengan jelas.

Pemeriksaan USG 4D biasanya direkomendasikan secara khusus bagi ibu hamil yang berisiko. Ibu hamil yang mengalami keluhan terkait dengan kandungan atau kehamilannya dan kemungkinan berisiko, maka dokter kandungan akan merekomendasikan USG 4D. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan tentang setiap permasalahan yang dialami. Agar dokter bisa segera menemukan solusi yang tepat untuk anda.

Hasil pemeriksaan USG 4D ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya seperti posisi janin. Jika posisi wajah janin membelakangi perut anda, maka anda tidak akan bisa melihat dengan jelas wajahnya. Selain posisi janin, hasil USG 4D juga dipengaruhi oleh ketebalan lapisan perut ibu hamil dan kondisi air ketuban di dalam kandungan. Semakin tebal lapisan perut dan semakin keruh air ketuban Anda, maka aktivitas janin akan lebih sulit untuk bisa direkam. Meski begitu,  selama pemriksaan USG 4D digunakan sesuai dengan prosedur, anda bisa memantau perkembangan janin sekaligus kondisi ibu hamil.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here