Apa Saja Manfaat dari Tes di Laboratorium Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Tes laboratorium adalah bagian dari perawatan rutin selama kehamilan. Beberapa dari tes ini dilakukan dengan sampel darah. Tes ini dapat membantu menemukan kondisi yang dapat meningkatkan risiko komplikasi bagi calon ibu dan janin. Semua tes tersebut dilakukan untuk memeriksa apa pun yang dapat menyebabkan masalah selama kehamilan atau setelah kelahiran untuk memastikan ibu dan bayi sehat. Banyak masalah yang ditemukan dari tes ini dapat diobati selama kehamilan.

Ibu hamil akan diberikan tes darah untuk mengetahui jenis golongan darah. Ada 4 golongan darah yakni A, B, AB atau O. Tes ini sangat berguna untuk mengetahui golongan darah jika suatu saat sang ibu memerlukan transfusi darah. Misalnya jika mengalami pendarahan hebat selama kehamilan atau kelahiran.

Ketika melakukan tes untuk mengetahui golongan darah, calon ibu juga akan mengetahui apakah ia tipe RhD positif atau negatif. Faktor Rhesus (RhD) yang menunjukkan zat yang dikenal sebagai ‘antigen D’ pada permukaan sel darah merah. Jika ya, maka RhD positif, jika tidak, maka RhD negatif.

Jika darah ibu hamil RhD negatif, biasanya tidak menjadi masalah, kecuali jika sang bayi RhD positif. Jika ya, ada risiko tubuh akan memproduksi antibodi terhadap darah bayi. Ini biasanya tidak akan menyebabkan masalah pada kehamilan pertama, tetapi dapat berdampak pada kehamilan berikutnya. Jika Rhesus negatif, calon ibu memerlukan suntikan pada 26 hingga 28 minggu dan pada 34 hingga 36 minggu untuk melindungi bayi.

Tes darah juga dapat mengecek apakah sang ibu mengalami anemia. Sangat umum bagi wanita hamil untuk mengalami anemia atau kekurangan zat besi selama kehamilan. Hal ini karena tubuh membutuhkan zat besi ekstra karena bayi membutuhkan suplai darah yang cukup dan menerima oksigen dan nutrisi yang diperlukan. Meningkatkan jumlah makanan kaya zat besi  yang dikonsumsi selama kehamilan dapat membantu menghindari anemia.

Baca Juga: Persiapkan Kehamilan dengan Dokter Spesialis Kandungan Terbaik Disini

Beberapa wanita hamil memerlukan suplemen zat besi, terutama sejak minggu ke 20 kehamilan. Anemia membuat Anda lelah dan kesulitan saat kehilangan darah selama persalinan dan kelahiran. Bidan atau dokter dapat memberi tahu Anda jika Anda memerlukan tablet zat besi untuk mencegah atau mengobati anemia. Kadar zat besi Anda akan diperiksa selama kehamilan Anda.

Tes darah juga Anda akan mencari sejumlah infeksi yang dapat mempengaruhi kehamilan atau janin. Infeksi ini di antaranya rubella atau campak, sipilis, hepatitis B dan C , dan HIV. Skrining penyakit menular seksual (PMS), seperti HIV/AIDS, sifilis, herpes dan hepatitis B dan C, gonore dan Chlamydia juga harus dilakukan sejak dini. Hal ini merupakan poin penting untuk mencegah penyakit ini menular ke janin. PMS dapat menyebabkan persalinan dini, infeksi mata akibat gonore dan klamidia serta konsekuensi yang jauh lebih parah seperti keguguran atau lahir mati.

Pemberian obat dapat mengurangi tingkat penularan HIV dari 25% menjadi 7%. Dalam kasus hepatitis B, jika virus tertular di awal kehamilan, ada kemungkinan kurang dari 10 persen penyakit itu akan ditularkan ke bayi. Klamidia, sifilis, dan gonore dapat disembuhkan dengan antibiotik yang aman untuk bayi.

Tes glukosa untuk diabetes juga dilakukan pada sekitar 28 minggu kehamilan. Diabetes gestasional adalah kondisi sementara yang mempengaruhi 2 sampai 5 persen dari semua wanita hamil di mana insulin gagal memecah glukosa yang cukup dalam darah. Jika sang ibu terindikasi mengalami diabetes gestasional, dokter dapat membantu dengan program diet, olahraga, dan suplementasi insulin. Kondisi ini biasanya teratasi setelah kelahiran bayi.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here