Mendukung Program Kehamilan dengan Mengunjungi Laboratorium Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – Untuk mencegah kematian ibu hamil dan si kecil yang baru lahir, serta pencegahan penyakit menular untuk menjalani pemeriksaan sebagai langkah pada masa kehamilan. Oleh sebab itu, pemeriksaan laboratorium kehamilan sudah tidak jarang lagi ditemukan. Menjalani program kehamilan dibutuhkan persiapan dan upaya yang maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyukseskan program kehamilan merupakan jalannya sejumlah pemeriksaan.

Tujuannya adalah mengidentifikasi hal yang akan mempengaruhi kemampuan untuk hamil dan juga untuk meningkatkan peluang bayi lahir sehat nantinya. Pemeriksaan saat menjalani program hamil juga ada salah satu langkah awal yang dapat dilakukan oleh pasangan yang ingin mempunyai anak. Dengan begitu faktor risiko kesehatan yang bisa membahayakan ibu dan jalan janin nantinya akan bisa dideteksi sejak saat ini.

Pemeriksaan yang dilakukan saat menjalani program hamil bisa dilakukan oleh dokter kandungan di rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan lainnya yang memiliki laboratorium kehamilan. Maka untuk diketahui berikut ini adalah beberapa macam pemeriksaan yang umum dilakukan pada saat menjalani program hamil untuk calon ibu:

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksakan kondisi tubuh sebelum menjalani kehamilan yaitu adalah:

  • Pemeriksaan tanda vital seperti tekanan darah, detak jantung, serta frekuensi pernapasan.
  • Pemeriksaan panggul dengan memasukkan jari kedalam vagina untuk memeriksa rahim leher dan leher rahim atau serviks.
  • Dan juga pengukuran berat badan dan tinggi badan.

Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi berbagai kelainan yang dimiliki calon orangtua yang mungkin nantinya akan berpotensi diturunkan ke anak. Berikut ini adalah beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium:

  • Tes darah, pengujian sampel darah digunakan untuk mendeteksi beberapa jenis penyakit misalnya herpes, sifilis, HIV, Hepatitis B, dan cytomegalovirus. Sampel darah juga digunakan untuk mengidentifikasi beberapa hal lain, misalnya mengecek golongan darah memeriksa kadar steroid dan menghitung jumlah sel darah.
  • Tes urine, sampel urine yang diambil nantinya akan digunakan untuk mendeteksi kadar gula dalam tubuh titik apabila terlalu tinggi tentu bisa mempengaruhi perkembangan janin.
  • Pap smear, disini dokter akan mengambil sampel sel jaringan serviks yang nantinya diperiksa di laboratorium. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mendeteksi kemungkinan apakah ada kelainan pada organ reproduksi wanita seperti infeksi atau peradangan.

Baca Juga: Apakah yang Harus Dilakukan Saat Menemui Dokter Spesialis Kandungan?

Pemindaian

Untuk beberapa keadaan yang dirasa perlu, dokter akan merekomendasikan pemeriksaan pemindaian agar bisa melihat keadaan organ reproduksi, misalnya seperti:

  • Operasi lubang kunci atau laparoskopi pemeriksaan tersebut juga bisa dilakukan apabila mempunyai riwayat radang panggul atau di saat ditemukan penyambutan pada salah satu atau kedua tuba falopi.
  • USG, ultrasonografi atau USG ini dilakukan untuk memeriksakan keadaan indung telur, saluran indung telur, rahim, dan juga untuk mendeteksi kelainan yang mempengaruhi fungsi rahim dan menghambat proses kehamilan misalnya seperti miom dan endometriosis.
  • Histerosalpingografi, pemeriksaan yang satu ini dilakukan dengan menggunakan sinar rontgen dan cairan kontras supaya bisa memeriksa kondisi rahim dan saluran indung telur.

Pada saat hamil ini adalah hal yang paling rentan bagi perempuan. Oleh karena itu dilakukan penjagaan dan pengecekan demi kesehatan calon ibu dan janin sangat perlu dilakukan. Selain dengan memberikan asupan gizi yang cukup cek laboratorium kehamilan juga menjadi suatu hal yang diwajibkan. Beberapa manfaat yang lain dapatkan dari cek laboratorium kehamilan adalah mengantisipasi kemungkinan terburuk, untuk persiapan masa kehamilan persalinan hingga masa menyusui, dan untuk mencegah keguguran.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here