Apa Itu USG 4D (Dimensi) Dalam Kehamilan

IBU WOMEN CLINIC – USG atau juga disebut ultrasound, sonografi, ultrasonografi adalah teknik medis diagnostik non-invasif yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar (sonogram) dari struktur internal tubuh. Dimana gelombang suara tersebut tidak dapat ditangkap oleh indra pendengaran manusia. USG digunakan untuk mengetahu apakah ada gangguan medis tertentu dalam tubuh.

USG kehamilan digunakan untuk menilai perkembangan janin. Prosedur ini digunakan untuk mengetahui jumlah janin dalam kandungan, usia janin, letak plasenta, posisi janin, gerakan, pernapasan dan detak jantung, serta jumlah cairan ketuban di dalam rahim. Kebanyakan ibu hamil melakukan setidaknya satu USG selama kehamilan. Waktu terbaik untuk USG 4D adalah saat bayi berusia sekitar 26 minggu.

Ultrasound menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menciptakan citra internal tubuh. Teknologi ini telah ada dalam bentuk pemindaian 2D (dua dimensi) sejak akhir 1950-an, tetapi banyak digunakan untuk mengamati janin sejak akhir 1970-an.

Seiring kemajuan teknologi ini, dokter juga memperkenalkan bentuk ultrasound yang lebih canggih yakni terutama pemindaian 3D dan 4D (tiga dimensi dan empat dimensi). Dokter dapat mengamati janin dengan lebih baik menggunakan citra 3D serta mengamati janin bergerak dalam waktu ini dalam 4D.

Bagaimana Cara Kerjanya USG?

Selama USG 4D, calon ibu akan berbaring dan dokter akan mengoleskan gel berbasis air ke perut dan kemudian memegang transduser di perut. Mesin ultrasound memantulkan gelombang suara dari cairan ketuban dan organ internal janin untuk menghasilkan gambar di layar bagi dokter untuk menilai kesehatan, perkembangan, dan ukuran janin.

Perbedaan Antara USG 2D, 3D dan 4D

Perbedaan antara USG 3D dan 4D adalah bahwa 4D seperti video yang menunjukkan gerakan objek 3 dimensi. Ultrasonografi 2D menghasilkan tampilan hitam dan putih janin untuk mendeteksi potensi anomali internal seperti cacat jantung dan ginjal.

Ultrasonografi 3D menggunakan perangkat lunak yang lebih canggih untuk menguraikan gambar, menghasilkan gambar tiga dimensi dari permukaan janin. Dari sini, dokter dapat mengukur tinggi, lebar, dan kedalaman janin untuk mendiagnosis hal-hal seperti bibir sumbing dan cacat tulang belakang.

Yang terbaru adalah USG 4D. Dalam sonografi 4D, teknologi ini menghasilkan video janin waktu nyata untuk menunjukkan gerakannya, baik itu mengisap jempol, membuka matanya, atau meregangkan. Pemindaian ini menawarkan lebih banyak informasi tentang perkembangan janin.

Baca Juga: Pilih Klinik USG Terpercaya untuk Hasil USG yang Lebih Optimal

Manfaat USG 4D

Sejauh ini, pemindaian 4D menawarkan gambar janin yang lebih jelas yang memungkinkan dokter menilai pematangan dan perkembangan sistem saraf pusat dan mendiagnosis potensi pembentukan bibir sumbing. Dalam kasus yang mengkhawatirkan, gangguan neurologis yang bisa terjadi selama = dalam kandungan dan setelah lahir lebih mudah didiagnosis menggunakan sonografi 4D.

Apakah USG 4D Berbahaya?

Ultrasound adalah cara non-invasif yang aman untuk menilai organ dan kesejahteraan bayi Anda yang belum lahir. Namun, dokter memilih untuk tidak melakukan tes diagnostik yang tidak perlu pada janin atau ibu. Untuk alasan ini, dokter hanya merekomendasikan pemindaian ultrasound 2D, 3D atau 4D jika ada indikasi medis untuk pemindaian ultrasound. Ini juga mengapa penggunaan pemindaian ultrasound 4D non-medis untuk mendapatkan kenang-kenangan fotografi tidak disarankan.

Selain itu, juga tidak disarankan untuk mendapatkan pemindaian dari ahli sonografi yang tidak bersertifikat. Jika sesuatu yang tidak biasa terlihat, mereka tidak akan dapat menjelaskannya kepada orang tua, atau mendiagnosisnya secara akurat. Tenaga medis yang terlatih akan meminimalkan paparan gelombang ultrasound dan meyakinkan orang tua atau menyarankan pengujian tambahan jika diperlukan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here