Jenis dan Manfaat Tes di Lab Kehamilan Bagi Ibu Hamil

IBU WOMEN CLINIC – Bagi calon ibu yang mengalami kehamilan pertama, masa-masa tersebut merupakan masa terpenting dalam hidup. Sehingga pada saat hamil, sang ibu harus mengontrol segala sesuatunya termasuk kesehatan ibu dan bayi yang ada dalam kandungan. Saat hamil, tubuh mengalami banyak perubahan sehingga dokter harus memantau kesehatan sang ibu dan janin secara berkala selama masa kehamilan.

Beberapa tes diperlukan saat pemeriksaan rutin dengan tujuan memeriksa kesehatan janin supaya dapat mengetahui apabila terdapat gangguan selama kehamilan. Tes laboratorium dilakukan ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Saat melakukan tes di lab kehamilan, ibu hamil akan melaksanakan 5 jenis tes pada umumnya. Berikut pemaparan 5 jenis tes dan manfaatnya untuk ibu hamil :

1.    Cek Golongan Darah

Di usia kandungan trimester pertama, pengambilan sampel darah sangat perlu dilakukan oleh ibu hamil. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat penyakit tertentu yang dialami ibu hamil. Penyakit ini seperti kurang darah dan kelainan pada janin.

Saat pertama kali mengunjungi dokter untuk memeriksakan kehamilannya, sang ibu akan mendapatkan tes ini untuk memeriksa golongan darah serta tekanan darah. Terdapat empat golongan darah yakni A, B, AB, atau O. Melakukan cek golongan darah sangat penting. Yakni supaya golongan darah diketahui dengan akurat sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan tranfusi darah ketika mengalami pendarahan selama kehamilan atau proses melahirkan.

2.    Cek Kadar Gula Darah

Diabetes gestional dapat disebabkan karena faktor genetik. Jika keluarga ibu hamil memiliki riwayat diabetes, kemungkinan besar ia beresiko tinggi mengalami diabetes gestional. Diabetes gestional ditandai dengan adanya peningkatan gula darah yang tinggi. Melakukan tes laboratorium dapat mengetahui kadar gula daraj ibu hamil yang dapat dilakukan antara 24 dan 28 minggu usia kehamilan.

Apabila ditemukan resiko tinggi mengidap diabetes, risikonya dapat mempengaruhi kesehatan sang ibu dan sang bayi. Untuk itu dokter akan menyarankan beberapa tips dan kiat untuk meminimalkan risiko.

Baca Juga: Alasan Periksa ke Dokter Spesialis Kandungan Selain untuk Kehamilan

3.    Cek Faktor Rhesus (RhD)

Di masa kehamilan, ibu hamil juga perlu melakukan cek faktor Rhesus. Tes ini penting dilakukan ketika ibu hamil nantinya akan membutuhkan transfusi darah selama kehamilan atau kelahiran.  Penyakit Rhesus dapat terjadi selama kehamilan ketika tidak cocoknya jenis darah ibu dan bayi dalam kandungan.

Jika bayi positif Rhesus, maka respon imunnya akan lebih besar sehingga janin menghasilkan lebih banyak antibodi. Antibodi pada janin dapat melintasi plasenta dan menghancurkan sel-sel darah bayi yang disebut dengan penyakit Rhesus atau hemolitik. Jika tidak segera diobati, dapat menyebabkan lahir mati atau kerusakan otak pada janin.

4.    Cek Infeksi

Melakukan tes darah di laboraturium sangat penting dilakukan ibu hamil untuk mencari tahu adanya infeksi yang dapat mempengaruhi kehamilan dan janin. Umumnya, cek infeksi yang diperiksa yaitu rubella atau campak, sipilis, hepatitis B, hepatitis C dan HIV. Dengan melakukan cek infeksi pada trisemester awal kehamilan, jika ditemukan ada infeksi maka akan dapat segera mendapatkan penangan medis.

5.    Cek Kadar Hemoglobin

Pada banyak kasus, ibu hamil di awal kehamilan sering mengalami anemia karena meningkatnya volume darah selama kehamilan. Oleh sebab itu, tes laboratorium perlu dilakukan untuk mengatahui kadar hemoglobin dalam sel darah merah ibu hamil dalam kondisi normal atau terlalu rendah. Kondisi anemia dapat membuat ibu hamil menjadi mudah lelah bahkan pendarahan saat hamil atau melahirkan karena kekurangan zat besi. Sehingga tes ini penting dilakukan supaya dapat dilakukan pencegahan.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here