Pentingnya Pemeriksaan USG Pada Setiap Trimester di Klinik USG Terbaik

TEKNO BUZZ – Melakukan pemeriksaan kehamilan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. USG (ultrasonography) adalah salah satu pemeriksaan rutin yang wajib dilakukan pada saat hamil.  USG merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk menampilkan gambaran bagian dalam tubuh yaitu janin dalam kandungan. Melalui USG, ibu hamil bisa mengetahui dengan baik kondisi serta tumbuh kembang dari janin yang ada di dalam kandungan

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, saat ini terdapat beragam jenis pemeriksaan USG.  Beberapa jenis pemeriksaan USG umumnya meliputi USG 2D, 3D, dan 4D. Biasanya pada pemeriksaan awal kehamilan atau trimester pertama, dilakukan dengan teknik USG 2D. Ini adalah USG yang menghasilkan gambar 2 dimensi yang memperlihatkan perkembangan janin di dalam kandungan.

Ketika dalam pemeriksaan ada kemungkinan terjadinya gangguan kehamilan, maka ibu hamil akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan teknik USG 3D dan 4D. Dimana teknik tersebut menghasilkan hasil yang lebih akurat dan lebih detil. Bahkan pada USG 4D hasil pemeriksaan yang ditampilkan berupa gambar yang bergerak. Pemeriksaan USG sangatlah penting dilakukan guna memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Berikut ini manfaat pemeriksaan USG bagi ibu hamil pada setiap trimester.

1.    Trimester Pertama Kehamilan (Kurang dari 12 Minggu)

Tujuan melakukan pemeriksaan USG pada trimester pertama kehamilan salah satunya untuk mengkonfirmasi kehamilan. Selai itu ini juga bertujuan untuk memeriksa detak jantung janin dan menentukan usia kehamilan. Pemeriksaan USG yang dilakukan pada trimester awal juga bertujuan untuk mencari tahu kemungkinan adanya kehamilan kembar.

Pemeriksaan USG di trimester pertama atau awal kehamilan juga bertujuan untuk memeriksa kondisi plasenta, uterus, ovarium, dan serviks. Pemeriksaan ini juga ditujukan untuk mengidentifikasi adanya kelainan yang terjadi pada janin. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan untuk mendiagnosis risiko kehamilan ektopik, yaitu kondisi kehamilan yang berkembang di luar rahim.

2.    Trimester Kedua dan Ketiga Kehamilan

Trimester kedua kehamilan atau pada usia 12-24 minggu kehamilan dan trimester ketiga (24-40 minggu kehamilan) adalah masa-masa penting. Dimana ibu hamil perlu mempersiapkan kelahiran anak. Sehingga pemeriksaan USG sangatlah penting dilakukan dengan rutin, khususnya bagi ibu hamil dengan kemungkinan risiko bahaya.

Baca Juga: Apa Saja Tes Lab Kehamilan yang Perlu Dilakukan Beserta Manfaatnya?

Pada trimester kedua dan ketiga pemeriksaan USG dilakukan untuk mengukur fundus uteri (puncak rahim). Selain itu, pemeriksaan USG pada trimester ini juga bertujuan untuk:

  • Menentukan jenis kelamin dari janin dalam kandungan.
  • Memantau perkembangan janin dan posisi janin dalam kandungan.
  • Mengkonfirmasi adanya kemungkinan kehamilan kembar.
  • Mengonfirmasi ada tidaknya kematian intrauterusatau kematian janin di dalam kandungan.
  • Memantau kadar cairan ketuban dan memastikan apakah janin dalam kandungan mendapatkan cukup oksigen dalam tumbuh kembangnya.
  • Mengidentifikasi ada tidaknya kelainan genetik yang terjadi pada janin.
  • Memeriksa ada tidaknya kelainan kongenital atau risiko cacat lahir, serta kelainan struktural dan masalah yang terjadi pada rahim.
  • Mengidentifikasi ada tidaknya kelainan pada plasenta, seperti plasenta previa yang bisa menghambat jalan lahir. Dan abrupsi plasenta, yakni kondisi di mana plasenta lepas dari dinding rahim sebelum janin dilahirkan.

USG kehamilan sangat dianjurkan untuk dilakukan selama kehamilan bagi setiap ibu hamil. Melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter kandungan dengan rutin adalah hal yang perlu dilakukan agar kondisi kandungan dan ibu hamil tetap sehat. Dalam pemeriksaan kandungan rutin, biasanya juga dilakukan USG untuk memastikan tidak ada masalah pada perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, ibu hamil juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait keluhan ataupun kiat-kiat untuk menjaga kandungan dan kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan.

Penting sekali memilih dokter kandungan dan klinik USG yang terpercaya agar hasilnya lebih akurat. Dengan begitu ibu hamil tidak perlu khawatir dengan kondisi janin dalam kandungan. Karena dengan pemeriksaan USG di klinik UDG terpercaya dengan hasil yang akurat, ibu hamil bisa memantau perkembangan janin dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here