Apa Saja Tes Lab Kehamilan yang Perlu Dilakukan Beserta Manfaatnya

IBU WOMEN CLINIC – Kehamilan adalah momen yang sangat ditungu-tunggu bagi setiap pasangan. Ini adalah momen penting yang harus dijaga dengan baik hingga pada proses persalinan. Sehingga penting untuk rutin melakukan pemeriksaan untuk memantau kondisi perkembangan janin dan kehamilan anda. Umumnya, ibu hamil perlu untuk menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan selama masa kehamilannya. Setidaknya terdapat 4 jenis tes laboratorium yang perlu dilakukan pada saat hamil.

Selama masa kehamilan, terutama di awal kehamilan, adalah momen yang sangat penting dan harus dijaga dengan baik. Ibu hamil, harus mengontrol kondisi kesehatan janin yang dikandung serta kesehatannya sendiri dengan baik. Biasanya pada saat kehamilan, ibu hamil akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Sehingga,  diperlukan pemeriksaan kandungan untuk memantau kesehatan ibu dan janin melalui beberapa tes kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa tes yang perlu dilakukan pada saat kehamilan yang penting bagi kesehatan ibu dan janin.

1.    Tes Darah

Tes darah adalah salah satu rangkaian tes kesehatan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan ibu dan mendeteksi apakah ada kelainan yang terjadi pada janin. Ibu hamil perlu melakukan tes ini pada kunjungan pertama untuk memeriksa golongan darah dan tekanan darah. Mengetahui golongan darah bisa membantu memudahkan anda apabila sewaktu-waktu melakukan transfusi darah.

2.    Cek Kadar Gula Darah

Melakukan tes kesehatan cek gula darah pada masa kehamilan juga perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kadar gula darah, biasanya ini dilakukan antara 24 dan 28 minggu usia kehamilan. Tes gula darah ini perlu dilakukan pada saat awal kehamilan, guna mengetahui apakah ibu hamil berisiko tinggi terhadap penyakit diabetes. Hasil tes tersebut bisa membantu ibu hamil untuk mengontrol kondisi kesehatan kandungan.

3.    Cek Infeksi

Melakukan tes infeksi yang dilakukan pada trimester awal kehamilan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tujuannya untuk mencari tahu apakah ibu hamil memiliki infeksi yang dapat memengaruhi ibu dan bayi dalam kandungan. Cek laboratorium infeksi ini membantu anda mengetahui apakah memiliki kondisi tertentu termasuk penyakit menular seksual seperti HIV ataupun hepatitis B. Pada umumnya, dilakukan pemeriksaan hepatitis B, hepatitis C, HIV, rubella, dan sipilis.

4.    Tes Hemoglobin

Anemia merupakan kasus umum yang sering terjadi pada ibu hamil. Kondisi seperti ini bisa disebabkan karena meningkatnya volume darah. Risiko anemia bisa  membuat ibu hamil merasa cepat lelah. Bahkan bisa memicu risiko pendarahan pada saat kehamilan atau melahirkan akibat kekurangan zat besi.

Baca Juga: IBU WOMEN CLINIC untuk Rekomendasi Dokter Kandungan di Bekasi yang Terbaik

Pengecekan kesehatan rutin bagi ibu hamil, sangatlah penting demi menjaga kesehatan calon ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Selain memenuhi kebutuhan asupan gizi yang seimbang, melakukan cek laboratorium juga penting dilakukan. Berikut ini manfaat penting melakukan cek laboratorium, meliputi:

  • Mengantisipasi kemungkinan terburuk

Melakukan pengecekan laboratorium bermanfaat mengantisipasi kemungkinan terburuk. Misalnya untuk mencegah risiko terjadinya obesitas, pre-eklampsia, dan gangguan kehamilan lainnya yang bisa dialami calon ibu dan janinnya.

  • Persiapan masa kehamilan, persalinan dan menyusui

Cek kesehatan membantu ibu hamil dalam persiapan kehamilan, persalinan hingga proses menyusui. Ibu hamil bisa mengetahui risiko genetis yang mungkin bisa diturunkan pada janin hingga melakukan pencegahan yang tepat. Serta mengetahui kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan secara keseluruhan.

  • Mencegah keguguran

Cek laboratorium yang dilakukan ibu hamil bisa meminimalkan potensi terjadinya keguguran. Pemeriksaan laboratorium biasanya akan dilakukan tiga kali pada masa kehamilan, untuk memastikan kondisi ibu hamil dan janin dengan baik.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here