Kapan Waktu yang Tepat untuk USG 4 Dimensi Dalam Memantau Kondisi Janin?

IBU WOMEN CLINIC – Bagi para ibu hamil, memantau perkembangan janin yang ada dalam kandungan adalah hal yang sangat penting. Ibu hamil tentu sudah tidak asing lagi dengan pemeriksaan rutin yang dilakukan di dokter kandungan yakni ultrasonografi atau USG. Melalui pemeriksaan USG tersebut, maka ibu hamil bisa mengetahui kondisi janin di dalam kandungan secara mendetail. Mulai dari jenis kelamin, rupanya, berat badan, panjang badan, bahakan hingga ada tidaknya kelainan pada bayi. Untuk itu, USG menjadi pemeriksaan penting yang perlu dilakukan selama masa kehamilan.

Teknologi USG yang ada saat ini juga semakin maju dan canggih. Jika dulu kita hanya mengenal USG 2D dan 3D yang hanya bisa memperlihatkan gambar janin, sekarang ini sudah ada USG 4D dengan teknologi terbaru. Ini adalah USG paling modern yang memiliki keunggulan dengan hasil pemindaian yang lebih jelas. Sebenarnya USG 4D hampir sama seperti USG 2D dan 3D, yang juga menampilkan kondisi kehamilan. Mulai dari keadaan rahim, wujud janin, sampai gangguan yang terjadi di dalam kandungan.

USG 4 dimensi sebenarnya dianjurkan bagi ibu hamil yang memiliki risiko pada kandungannya dan kondisi janinnya. Jadi, bagi ibu hamil dengan kondisi normal tidak harus melakukan pemeriksaan USG 4D. Karena dengan USG 4D memungkinkan dokter kandungan untuk mendeteksi kelainan yang terjadi pada janin lebih dini. Sehingga pengobatan yang akan diberikan bisa lebih optimal. USG 4D ini juga dikenal dengan live video, dimana alat USG dapat merekam layaknya merekam dengan video. Dengan begitu bisa dilihat secara lebih jelas aktivitas janin, misalnya saat tersenyum, menguap atau gerakan lainnya.

Ada waktu ideal untuk bisa melakukan USG 4D guna memeriksa kondisi kandungan. Jika Anda berencana untuk melakukan USG 4D ini, maka sebaiknya dilakukan pada saat usia kehamilan 27-32 minggu. Biasanya ketika usia janian bawah 20 minggu, lemak pada janin masih sangat sedikit sehingga profil wajah janin susah terdeteksi. Ketika dilakukan pada usia lebih dari 32 minggu,  ukuran janin sudah terlalu besar dan posisi kepala biasanya sudah mulai turun ke area panggul. Sehingga wajah janin dalam kandungan juga tidak akan terlihat jelas. Pada usia kehamilan 27-32 minggu cairan masih cukup untuk menampilkan organ-organ janin dengan lebih jelas saat USG.

Baca Juga: Lakukan Pemeriksaan Rutin Melalui Klinik USG di Bekasi yang Bagus

Manfaat USG 4D tidak hanya membantu orangtua untuk melihat kondisi buah hatinya dnegan jelas, tapi juga membantu dokter kandungan untuk mendeteksi kemungkinan adanya gangguan. Seperti misalnya ada tidaknya abnormalitas pada janin, serta kondisi organ-organ tubuh janin. Sebagai salah satu prosedur diagnosis, dokter kandungan juga dapat mengombinasikan USG 4D dengan beberapa prosedur medis lainnya. Seperti amniosentesis atau pengambilan sampel cairan ketuban, pemeriksaan darah, hormon, atau kromosom. Ini dilakukan untuk memastikan hasil diagnosis terhadap kondisi pasien, dan memberikan penanganan sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya tidak ada batasan kapan harusnya USG 4D dapat dilakukan. Hal ini berarti USG 4D ini bisa dilakukan, baik di trimester pertama, trimester kedua, maupun trimester ketiga. Meskipun demikian, biasanya dokter kandungan menganjurkan ibu hamil untuk melakukan USG 4D jika memiliki tingkat risiko kelainan kehamilan yang cukup tinggi. Seperti ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun, pernah melahirkan bayi dengan kelainan bawaan, penderita diabetes, dan lain sebagainya.

Ibu Women Clinic berdedikasi untuk memberikan pelayanan kesehatan wanita dengan peralatan terbaik yang terintegrasi dengan fasilitas terpadu. Berbasis ilmu pengetahuan, riset kedokteran dan pengalaman, Ibu Women Clinic bertekad untuk menjadi pusat layanan kesehatan perempuan yang terpercaya. Jangan ragu dan segera hubungi kami atau kunjungi klinik kami untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik juga mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here